BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Venus dan Jupiter sepertinya bersentuhan, tetapi jarak antara keduanya adalah 700 juta km

Venus dan Jupiter sepertinya bersentuhan, tetapi jarak antara keduanya adalah 700 juta km

Apakah Anda melihat dua bintang terang di atas ufuk barat? Ini bukan bintang, tapi planet: Venus dan Jupiter. Malam ini dan besok, kedua planet itu tampak bersentuhan.

Astronom amatir dan antusias disuguhi banyak keindahan minggu ini. Itu awal minggu ini cahaya utara Sangat mudah untuk melihat di sebagian besar Belanda. Hari ini dan besok Anda dapat menikmati hubungan indah lainnya antara planet terbesar di tata surya dan saudara perempuan Bumi.

Anda tidak memerlukan teleskop atau teropong untuk mengamati konjungsi Jupiter dan Venus. Lihatlah ke arah barat laut antara jam 7 dan 8 malam, dan Anda akan melihat kedua planet saling berdekatan. Rentangkan lengan Anda dan Anda akan melihat bahwa jari kelingking Anda pas di dua planet. Planet terang itu adalah Venus. Ini adalah bola di sebelah kanan. Ini mungkin terdengar aneh – Jupiter jauh lebih besar dari Venus – tetapi itu karena Venus jauh lebih dekat ke Bumi. Oleh karena itu, planet ini tampak lebih besar.

Bola paling terang adalah Jupiter. Ini terutama terlihat saat melihat melalui teleskop. Kemudian pita awan Jupiter, Bintik Merah Besar, dan hingga empat bulan dapat terlihat. Kunjungi observatorium setempat besok atau Jumat malam jika Anda ingin melihat Jupiter melalui lensa teleskop.

Mulai hari ini, keduanya akan berpisah dan kita harus menunggu bertahun-tahun sampai planet-planet itu muncul untuk bersatu kembali. Setidaknya, dari permukaan bumi. Padahal, jarak antara Venus dan Jupiter saat ini adalah 700 juta km.

Tanpa Jupiter, Venus mungkin bisa ditinggali hari ini
Para ilmuwan percaya bahwa Venus memiliki iklim yang stabil. “Saya yakin Venus dulunya layak huni,” kata peneliti Stephen Kane kepada Scientias.nl. Namun, Jupiter melemparkan kunci pas ke dalam karya. Planet gas mendorong Venus, mengirim planet itu ke orbit baru. Akibatnya, semakin banyak air permukaan yang menghilang, meninggalkan dunia yang tandus dan bersin.

Mengapa Jupiter dan Venus dekat?
Seperti yang Anda ketahui, semua planet berputar mengelilingi matahari. Satu planet sedikit lebih cepat dari yang lain. Misalnya, planet kita membutuhkan 365 hari untuk menyelesaikan satu putaran, sedangkan Venus membutuhkan 243 hari Bumi. Dan pembelinya? Setahun di planet gas ini berlangsung tidak kurang dari 4.332 hari Bumi. Akibatnya, planet tidak akan pernah berada pada posisi yang sama relatif satu sama lain, yang menciptakan situasi khusus, seperti hari ini dan esok hari.

READ  Ubisoft + Layanan Berlangganan Datang ke Xbox - Game - Berita

Dilihat dari Bumi, planet Venus dan Jupiter tampak menyatu. Ini karena Bumi, Venus, dan Jupiter secara kasar sejajar. Ini dapat dilihat dengan jelas pada gambar di bawah ini.

Apakah Anda sudah mengambil gambar?
Banyak foto kolaborasi indah itu kini dibagikan di Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Jelas di seluruh Belanda. Dan hebatnya, Anda tidak perlu peralatan mahal untuk menjadi fotografer bintang. Arahkan smartphone Anda ke atas dan ambil snapshot.