BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vitens Pilot memulai dengan NX Filtration untuk air minum dari IJssel

Vitens Pilot memulai dengan NX Filtration untuk air minum dari IJssel

Dalam mencari alternatif air tanah, Wittens juga melihat IJssel sebagai sumber produksi air minum. Bulan ini, perusahaan air minum bersama NX Filtration akan memulai eksperimen penjernihan air sungai menggunakan teknologi membran nanofiltrasi langsung yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut.


Uji coba akan berlangsung di bekas lokasi IJsselcentrale di Zwolle, pembangkit listrik di IJssel, dan pada prinsipnya akan berlangsung selama dua tahun. “Perlu periode jaminan kualitas yang lebih lama,” kata juru bicara Vitens, Jessica Winkelhurst. “Kita perlu memastikan bahwa kontaminan dihilangkan.”

Perusahaan air minum terbesar di Belanda, yang sebagian besar menggunakan sumber air tanah, merasa sangat sulit untuk memenuhi permintaan air minum dan industri yang terus meningkat. Lebih banyak kapasitas produksi untuk tahun 2030 diperlukan di seluruh Belanda, sektor tersebut baru-baru ini mengumumkan, tetapi situasinya sudah mendesak untuk Vitens, Dunea dan Perusahaan Air Groningen.

Jadi Fittens ingin pertama dan terutama untuk tiga kali lipat ekstraksi air tanah di situs Hammerflier. Ini masih diperlukan, Winkelhorst menekankan, tetapi alternatif seperti IJssel dan mungkin IJsselmeer juga sedang dipertimbangkan. “Tidak masalah dari mana air itu berasal, ini tentang kualitasnya.”

Tes skala kecil
Kualitas inilah yang diyakini Enschede NX .filtrasi Teknologi nanofiltrasi langsung. Ini menghilangkan kontaminan mikro (termasuk obat-obatan, farmasi, PFAS, dan pestisida), garam berwarna, garam selektif, bakteri, virus, dan nanoplastik dari air dalam satu langkah.

NX Filtration telah menggunakan teknologi ini dalam proyek-proyek besar di negara-negara seperti Indonesia, Swedia dan Kanada dan saat ini terlibat dalam beberapa proyek percontohan di Belanda di bidang produksi air minum dan penggunaan kembali air limbah. Fittens juga telah melakukan sejumlah tes skala kecil menggunakan membran nanofiltrasi langsung; Ini sekarang diperluas lebih lanjut.

READ  Di bawah tekanan Tiongkok, latihan militer pertama yang dilakukan oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berubah menjadi latihan bencana

Ini adalah teknologi yang relatif mahal, kata juru bicara Winkelhorst. “Tapi di sisi lain, itu membutuhkan energi dan bahan kimia yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan teknologi alternatif.”

air olahan
Dia tidak bisa mengatakan apakah air IJssel akan segera digunakan sebagai air minum atau lebih tepatnya sebagai air industri. “Tidak ada bedanya sekarang, itu masalahnya. Air adalah air, harus memenuhi standar tinggi yang sama.”

Program percontohan ini diharapkan berjalan hingga musim gugur 2024. Selama waktu itu, juga harus menjadi jelas apakah IJssel – bahkan di saat kekeringan – mengandung cukup air untuk digunakan sebagai sumber air minum. Fittens berhubungan dekat dengan county mengenai masalah ini.

Baca juga

Hah2O-pesan: Alokasi Diperlukan untuk Konsekuensi Ekstraksi Tambahan Air Tanah Hammerflier

Hah2Pesan-O: Vewin: Pasokan air minum bermasalah