BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wahana antariksa Eropa terbang di atas Merkurius untuk pertama kalinya

Wahana antariksa Eropa BepiColombo melewati Merkurius untuk pertama kalinya. Itu terjadi pada malam hari dari Jumat hingga Sabtu, menurut Badan Antariksa Eropa (ESA). Gambar planet ini juga diambil saat wahana itu terbang seribu kilometer dari Merkurius. Pada titik terdekatnya, wahana itu terbang 200 km dari Merkurius.

Tujuan dari misi luar angkasa, yang dibuat oleh Badan Antariksa Eropa bekerja sama dengan Jepang, adalah untuk mengumpulkan data tentang asal dan komposisi Merkurius. Dengan ini, para peneliti berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet terkecil di tata surya, yang juga paling dekat dengan matahari. Probe terdiri dari satelit Eropa dan Jepang dan diluncurkan pada 2018.


Bergandengan tangan, Jepang dan Eropa menuju Merkurius

Untuk mencapai Merkurius, gravitasi Matahari harus diperhitungkan. Dalam upayanya untuk lebih dekat, pesawat ruang angkasa itu terbang melintasi planet ini enam kali. Penerbangan di malam hari dari Jumat hingga Sabtu adalah yang pertama dari jenisnya terbang lintas. Probe akan melewati planet ini untuk kedua kalinya pada Juni 2022.

Probe dijadwalkan untuk memasuki orbit yang stabil dan mendarat pada tahun 2025. Kedua satelit di probe saat itu akan berpisah untuk melakukan studi yang berbeda. Sebelum penerbangan saat ini yang melewati Merkurius, BepiColombo terbang sekali di atas Bumi dan dua kali di atas Venus.

Koreksi (2 Oktober 2021): Versi sebelumnya dari artikel ini menyatakan bahwa BepiColombo akan mengumpulkan material permukaan. Namun, BepiColombo tidak akan mendarat di planet ini.

READ  Google menghadirkan penelusuran teks peka konteks ke Google Lens - IT Pro - Berita