BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Windows 11: Desktop yang diperbarui dengan aplikasi Android

Lebih dari lima tahun setelah pengenalan Windows 10, Microsoft mengumumkan versi baru dari sistem operasinya. Pada hari Kamis, perusahaan perangkat lunak Amerika memperkenalkan Windows 11. Kejutan, karena pada tahun 2015 versi 10 akan menjadi versi terakhir Windows yang pernah ada, terkadang diperluas dengan peningkatan online.

Namun, Microsoft memutuskan untuk memberi Windows sampul baru dan nomor punggung. Perusahaan menjanjikan “peningkatan terbesar dekade ini” sebelum presentasi. Tapi hati-hati disarankan saat memodifikasi sistem operasi yang sudah berjalan 1,3 miliar perangkat status.

Hal ini juga terlihat saat melihat bocoran – awal – versi Windows 11 yang beberapa minggu ini beredar di internet. Di bawah tenda, Windows 11 terlihat identik dengan Windows 10. Sebagai pengguna, menu Start menonjol: sekarang berada di tengah layar, jadi tidak lagi di sudut kiri. Itu ubin hidupUbin bergerak telah menghilang dari daftar.

Ubin ini adalah warisan dari Windows 8 (2012), dan dirancang untuk tablet dengan kontrol sentuh. Windows 8 tidak mulai karena pengguna hilang di menu mulai. Microsoft melewatkan nomor 9 dan kembali dengan Windows 10 “Desktop yang Anda kenal dan sukai”.

Omong-omong, dengan satu klik, menu mulai Windows 11 telah kembali ke sudut kiri asli.

Desktop Windows 11 baru (versi awal) tangkapan layar

Perubahan estetika lainnya, seperti ikon dengan sudut membulat, memberikan tampilan yang lebih modern pada Windows 11 — tersedia sejak musim gugur. Yang lebih drastis adalah opsi untuk mendukung aplikasi Android juga, bekerja sama dengan Amazon. Ini adalah salah satu kejutan dari presentasi hari Kamis. Pengguna komputer yang mencoba versi bocoran membandingkan peningkatan dengan adegan klasik Dari film Ini adalah Spinal Tap. Di dalamnya, sang gitaris membual tentang amplifier gitarnya, yang identik dengan yang lain tetapi memiliki tombol yang bergerak ke “11”. “Karena 11 lebih baik dari 10.”

READ  Valve mengumumkan Steam Deck, laptop gaming seharga $400

Windows 10 X lebih radikal

Microsoft terus maju dengan perubahan yang sangat drastis. Pembuat program telah dibatalkan Bulan lalu Versi Windows membutuhkan lebih banyak jarak daripada perangkat lunak Windows tradisional. Program semacam itu dapat dijalankan di area tertutup sistem operasi. Ini membuka jalan bagi inovasi lebih lanjut.

Proyek yang agak membingungkan ini disebut Windows 10X dan ditujukan untuk monitor ganda yang berjalan pada prosesor selain prosesor Intel dan AMD biasa. Microsoft ingin Windows berjalan di berbagai jenis elektronik.

Baca juga: Bagaimana Apple melepaskan diri dari chip Intel

Mac OS Apple, yang hanya mendukung komputer Mac, saat ini sedang melakukan peralihan – dari Intel ke chip Apple sendiri. Modifikasi ini membuat sistem lebih cepat dan lebih murah.

Intervensi semacam itu rumit bagi Microsoft. Windows menderita hukum mengemudi lambat: sistem operasi telah berjalan di miliaran komputer dan berbagai jenis perangkat selama beberapa dekade. Perubahan besar dengan cepat menyebabkan pesan kesalahan.

Microsoft (pendapatan tahunan $143 miliar) mengembangkan perangkat lunak yang berjalan di cloud dari jarak jauh. Windows berjalan di hampir 90 persen dari semua komputer, tetapi tidak menghasilkan banyak keuntungan untuk waktu yang lama. Sebagian besar upgrade konsumen gratis, dan begitu juga Windows 11. Namun, tetap menjadi kartu nama Microsoft yang paling penting.

Pasar komputer meningkat lagi: selama pandemi, sejumlah besar pekerja berbasis rumahan telah membeli laptop baru. Pemulihan tersebut diperkirakan bersifat sementara.

Persaingan memaksa Microsoft untuk bertindak. Apple menang dalam kategori teratas, dan Google memimpin dengan Chromebook dan laptop murah yang menjalankan Chrome OS. Mungkin versi Windows 11 yang terjangkau dan sedikit diskon dapat memperlambat kemajuan Google. Dukungan untuk aplikasi Android adalah keuntungan tambahan.