BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amnesty mengidentifikasi pelanggaran oleh militer Ukraina, tetapi ‘laporan penuh lubang’

Agensi Pers Prancis

NOS. Berita

Jika benar bahwa militer Ukraina membahayakan warganya sendiri, seperti yang dilaporkan Amnesty International hari ini di laporanMaka negara akan melanggar hukum perang. Para ahli menekankan bahwa dilarang keras untuk mengizinkan tentara menembak dari rumah sakit, misalnya. Tetapi laporan organisasi hak asasi manusia itu tidak kedap udara, menurut para ahli.

Misalnya, telah dijelaskan bahwa lima rumah sakit dan lebih dari dua puluh sekolah digunakan sebagai pangkalan oleh tentara Ukraina. AI menyimpulkan bahwa berdasarkan Data, citra satelit, dan penelitian tambahan. Tetapi tidak ada video yang dirilis dan Amnesty hanya memberikan sedikit detail untuk melindungi sumbernya. Akibatnya, batas antara fakta dan interpretasi terkadang kabur, menurut pengacara.

kebrutalan ukraina

Ukraina marah pada tuduhan ini, yang akan bermain di tangan Rusia. Namun, menurut para pengacara, penting bagi organisasi seperti Amnesty International untuk juga memeriksa cara kerja pihak yang membela. Seperti semua pihak dalam perang, Kyiv berkomitmen untuk melindungi warga sipil sebanyak mungkin.

Menurut Amnesty International, angkatan bersenjata Ukraina telah membahayakan penduduk dan infrastruktur sipilnya. Antara April dan Juli, daerah pemukiman, rumah sakit dan sekolah dikatakan telah digunakan untuk tujuan militer, tanpa mengevakuasi warga sipil. Para peneliti menyimpulkan bahwa warga sipil tewas dalam serangan Rusia berikutnya.

“AI adalah organisasi yang kuat dan saya tidak dapat membayangkannya terjadi dalam semalam,” kata Marieki de Hoon, profesor hukum pidana internasional. Menurutnya, pelanggaran tersebut tampaknya cukup besar untuk menarik perhatian internasional, “tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.”

Saya ingin melihat lebih banyak fakta, foto, dan bukti.

Dick Zandi, Pakar Pertahanan Clingendael

pelanggaran berat

Selain itu, terbuka untuk interpretasi apakah unit tentara telah melakukan cukup banyak untuk mencegah warga sipil menjadi korban permusuhan. Tapi nuansa itu tidak berlaku untuk penembakan di rumah sakit, menurut Gill. “Ini sama sekali tidak mungkin dan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum perang. Rumah sakit adalah objek yang dilindungi.”

“Saya ingin melihat lebih banyak fakta, foto, dan bukti,” kata spesialis pertahanan Dick Zandi. “Berdasarkan data yang terbatas seperti itu, sulit untuk menilai tuduhan itu. Dari sudut pandang Ukraina, saya meragukannya. Negara akan kehilangan dukungan rakyat jika tentara benar-benar ditembaki.” sekolah atau rumah tempat orang berada.”

Kritik Kyiv terhadap Ukraina sekarang terlihat “buruk” karena Moskow belum diterima oleh pengacara de Hoon. “Jawaban atas pertanyaan tentang siapa agresor itu tidak membebaskan pihak lain dari kewajiban untuk menghormati hukum perang. Tetapi tentara Rusia melakukan lebih banyak lagi, kejahatan perang yang lebih struktural dan berbahaya, dan ini jelas.”