BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anonim di Amsterdam, idola di Indonesia

Mark Kluck: “Di sini mereka memanggil saya Ewako, setelah Lagu Pertempuran PSM Makassar: Ewako, Never Give Up.”foto di Willie Sue

Kadang-kadang terjadi bahwa dia sedang duduk di restoran dan mendapat kejutan kosong. “Orang Indonesia pada umumnya rendah hati, tapi terkadang Anda menggigit dan tiba-tiba seseorang berdiri di samping Anda atau di belakang Anda, tanpa mengatakan apa-apa. Orang-orang ini dengan cepat ingin foto atau tanda tangan, tetapi tidak berani bertanya. Juga para penggemar yang pegang tanganmu. Saya tidak keberatan saya selalu berpura-pura memberi mereka kebaikan yang besar dengannya. Bagi banyak orang, hidup tidak mudah di Indonesia.”

Dua belas ribu kilometer dari kampung halamannya di Amsterdam, Mark Klok dikenal sebagai “Iwaklok”, begitu fans PSM memanggilnya Makassar. Klok telah bermain untuk klub dari Makassar, sebuah kota berpenduduk hampir 1,5 juta orang di pulau Sulawesi, Indonesia, sejak April 2017.

Lagu pertarungan PSM Makassar berjudul Ewako, “Jangan Pernah Menyerah”. Di musim pertama saya, setelah gol saya, seorang komentator TV berteriak ‘Oklock! “Sejak itu semua orang di sini memanggil saya Ewaklok. Sekarang saya juga menggunakan itu sebagai nama merek, karena Cristiano Ronaldo memiliki CR7.”

Instagram
Di Instagram, Klok telah melewati batas 200.000 pengikut. Gelandang PSM Makassar, yang menempati posisi ketiga dan kedua di liga dalam dua musim terakhir, telah ditampilkan dalam iklan dan papan iklan di Indonesia yang terobsesi dengan sepak bola. “Saya bekerja dengan merek olahraga terbesar di Indonesia. Mereka menjual pakaian dan sepatu dengan MK dan Ewaklok di seluruh negeri.”

papan nama
“Saya pernah bermimpi melakukan debut di Eredivisie, ketika saya pergi ke FC Utrecht melalui Zeburgia. Sedikit menyakitkan saya tidak berhasil, saya datang ke Young FC Utrecht,” kata Kluck. Setelah meninggalkan Utrecht pada 2013, ia bermain untuk Ross County (Skotlandia), Cherno More (Bulgaria), Oldham Athletic (Inggris) dan Dundee (Skotlandia).

READ  Bekijk live blogpost: België eindigt vijfde in finale gemengde 4x400m - andere sporten

“Ketika saya di Dundee, seorang agen sepak bola datang dan mengatakan Makassar tertarik. Awalnya saya berpikir: Apa yang harus saya lakukan, di usia awal dua puluhan, di Indonesia? Saya membiarkannya tenggelam dan saya masih melihat keuntungan. Banyak pesepakbola yang memimpikan sebuah karir yang hebat di Eropa, tapi itu tidak untuk semua orang. Saya pikir: Saya juga bisa membuat nama untuk diri saya sendiri di Indonesia dan kemudian mungkin pergi ke klub bagus di Cina atau Jepang.”

Bola
Klok adalah tampilan merek pakaian olahraga Balr di Indonesia, yang dibuat oleh (mantan) pesepakbola Demi De Zio, Eliero Elia dan Gregory van der Wiel. “Secara komersial, saya adalah pion yang menarik di Indonesia. David Beckham telah menjadi inspirasi bagi saya sejak kecil. Sebagai pesepakbola, tetapi juga kemudian, ketika ia tumbuh menjadi sebuah merek, sebuah merek.”

“Sebagai pesepakbola, Anda dapat memainkan yang terbaik secara finansial secara mandiri di Indonesia, tetapi ada banyak pemain yang menghabiskan kekayaan mereka dengan cepat. Saya telah berinvestasi di real estate di Belanda dan Indonesia dan memiliki bisnis online dengan Fabian Sporkslede, sebelumnya seorang geek dalam produk dan suplemen olahraga. Kami juga bekerja dengan pria dari Ajax, termasuk Matisse de Ligt dan Andre Onana.”

Kafe
Hari ini Klok membuka kedai kopi di Makassar: Kopi Oklok. “Kafe modern, hijau dan sehat. Saya fokus pada klien dari segmen terkaya: pengusaha dan turis. Istri saya berhenti sebagai ekonom di KLM, dan itu tidak bisa lagi diintegrasikan ke dalam kehidupan kami di sini. Kami sekarang bekerja bersama. Orang tua saya , yang berpisah, akan bertemu dengan cara ini sebelum pembukaan. Itu membuatku semakin bangga.”

READ  Buitensport in groepsverband en zwemlessen: deze regels worden elke dinsdag flexibeler direct

Dia tertawa: “Saya harap bukan hanya orang yang ingin difoto dan tidak membeli apa-apa.”

Di PSM Makassar, Klok yang kini fasih berbahasa Indonesia itu masih terikat kontrak hingga 2023. Musim baru, di mana ia ingin menjadi juara bersama Makassar, akan dimulai akhir bulan ini. Untuk saat ini, Klok masih bagus, di lima derajat selatan khatulistiwa. “Alamnya indah. Bersama rekan Belanda saya Wilgan Bloem, kami terkadang berlayar dengan jet-ski ke pulau-pulau tak berpenghuni.”

Mark Klok telah melewati tanda 200 ribu pengikut di Instagram.  Foto arsip pribadi, Mark Kluck

Mark Klok telah melewati tanda 200 ribu pengikut di Instagram.Foto arsip pribadi, Mark Kluck

dunia tempat tinggal
Klok baru-baru ini berperan dalam film dokumenter Paradise Footballers di Veronica. Disusul perajinnya, Bloem dan Nick van der Velden (sekarang sudah pensiun) serta Melvin Platje, pemain Bali United.

“Saya menerima banyak reaksi bagus. Orang-orang yang mengenal saya melihat gambar-gambar itu di media sosial, tetapi di TV Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kehidupan di Indonesia dan kondisi di mana kami bermain sepak bola. Sebagai contoh, dalam beberapa tahun terakhir kami memiliki pergi ke permainan di Luar Ke dalam hutan di Papua Kemudian Anda berada di jalan selama tiga hari dan berdiri di lapangan dengan rumput sampai ketiak. Mereka tidak tahu mesin pemotong rumput, ada laki-laki dengan parang. Ini musim kita tidak harus pergi ke sana lagi. Setelah pemilik baru tiba, pindah Klub ini sekarang kembali ke peradaban, terima kasih Tuhan.”

Pada bulan Desember, Kluck kembali ke Amsterdam untuk sementara waktu. “Lalu saya mengunjungi keluarga dan teman-teman dan makan Suriname, saya merindukannya. Amsterdam tetap di rumah, tetapi setelah beberapa minggu saya merindukan Indonesia lagi. Saya berharap mendapatkan paspor Indonesia dalam enam bulan. Kemudian saya akan bisa bermain dengan tim nasional Indonesia. Mereka sedang mempersiapkan diri untuk kualifikasi Piala Dunia. Qatar 2022. Siapa tahu, mungkin saya bisa membantu mereka.”

READ  Dit betekent de strengste auramaatregelen van de sport