BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

blog langsung | “Pengusiran setengah dari pasukan Donetsk”; Rusia menuduh Ukraina menghalangi pengiriman

Pengepungan Kaliningrad bisa meledak

13:50 | Pengepungan Lituania di daerah kantong Rusia di Kaliningrad “bisa sangat eksplosif”. Itulah yang dikatakan Rep. Jasper van Dyck dari SP. Anggota UE, Lithuania baru-baru ini berhenti mengizinkan barang-barang dalam daftar sanksi UE untuk masuk ke daerah kantong Rusia di Kaliningrad. Rusia marah tentang ini dan mengancam akan mengambil tindakan balasan jika Lithuania tidak pulih.

Kapal kargo Turki dengan gandum meninggalkan pelabuhan Mariupol Haven

13:16 | Sebuah kapal kargo Turki sarat dengan gandum telah meninggalkan pelabuhan Ukraina Mariupol setelah negosiasi antara Ankara dan Moskow. Pada bulan Mei, setelah pertempuran sengit, itu jatuh ke tangan pasukan Rusia dan milisi pro-Rusia di Ukraina timur. Kementerian Pertahanan Turki mengatakan Azov Concorde adalah kapal kargo asing pertama yang meninggalkan pelabuhan sejak saat itu.

Delegasi Turki telah pergi ke Moskow untuk membahas ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina. Perang di Ukraina membuat pengiriman ke dan dari negara itu hampir mustahil. Turki memiliki hubungan baik dengan Ukraina dan Rusia dan mencoba melalui negosiasi untuk membujuk pihak-pihak yang bertikai untuk mengizinkan ekspor, misalnya, gandum dari Ukraina melalui Laut Azov dan Laut Hitam. Ankara juga berusaha menengahi pertempuran itu.

CEO Volkswagen: Risiko untuk pabrik karena penghentian gas Rusia

12:10 | Produsen mobil Jerman Volkswagen menghadapi risiko produksi di pabriknya jika pasokan gas Rusia ke Jerman tiba-tiba berhenti. CEO Herbert Diess mengatakan kepada Bloomberg News di Forum Ekonomi Qatar di Doha. Dia mengatakan karena ketergantungan Jerman pada gas alam Rusia, perusahaan akan mempertahankan opsi untuk menjalankan pembangkit listriknya dengan batu bara daripada gas.

Dia menyatakan bahwa transisi di Jerman ke sumber energi selain gas Rusia tidak berjalan cukup cepat, dan oleh karena itu gangguan besar dapat muncul jika Moskow tiba-tiba mematikan keran gas. Menurut Dirut, butuh waktu untuk mendapatkan liquefied natural gas (LNG) dari negara lain dan membangun infrastruktur untuk itu. Diess mengatakan dia yakin dalam jangka panjang bahwa Jerman dapat melakukannya tanpa gas Rusia.

READ  GEMPaCS ingin menghilangkan bahan bakar fosil dan membuat sektor kelautan lebih berkelanjutan

CEO lebih lanjut menyatakan bahwa permintaan untuk mobil tetap kuat, meskipun perang di Ukraina dan inflasi yang tinggi mempengaruhi daya beli rumah tangga. Menurut Diess, permintaan mobil listrik dari Volkswagen banyak dan dia optimistis bisa mencapai target tahun ini. Volkswagen bersaing ketat, misalnya dengan Tesla di pasar mobil listrik.

Kebakaran di kilang minyak Rusia setelah serangan pesawat tak berawak Ukraina

10:55 | Kebakaran terjadi di sebuah kilang minyak di Rusia pada hari Rabu. Menurut kantor berita negara Rusia TASS, dua pesawat tak berawak Ukraina menyerang pabrik di wilayah Rostov.

Sebuah sumber anonim dari pihak berwenang setempat melaporkan kepada TASS bahwa salah satu dari dua pesawat tak berawak telah terbang ke gedung kompleks perusahaan dan api telah mulai menyala. Kemudian drone kedua terbang. Saat ini api dikabarkan sudah padam.

Drone harus terbang jauh untuk mencapai kilang minyak Rusia. Setidaknya 150 kilometer dari wilayah yang saat ini berada di bawah kendali Ukraina. Kilang minyak terletak di wilayah Rostov Rusia, di seberang perbatasan dari wilayah Luhansk Ukraina. Wilayah ini hampir seluruhnya berada di tangan Rusia. Tentara Ukraina hanya mempertahankan kota Severodonetsk dan Lyzchyansk, di mana pertempuran sengit telah berlangsung selama berminggu-minggu.

Kunjungan Presiden Indonesia ke Ukraina dan Rusia

09:10 | Pada hari Rabu, menteri luar negerinya mengatakan bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Rusia dan Ukraina minggu depan dan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin kedua negara. Menurut Retno Marsudi, Jokowi adalah kepala negara Asia pertama yang mengunjungi kedua negara sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Presiden akan melakukan perjalanan ke Kyiv dan Moskow setelah menghadiri KTT G7 di Berlin, yang dijadwalkan Minggu dan Senin. Tujuh negara industri kaya bertemu di sana: Jerman, Prancis, Kanada, Italia, Jepang, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Uni Eropa juga merupakan bagian dari Kelompok Tujuh, tetapi tidak termasuk dalam Tujuh Negara Merdeka.

READ  Pertumbuhan Ekonomi Amerika Sedang hingga Rata-Rata - Beige Book

“Presiden Widodo telah memilih untuk mencoba berkontribusi pada perdamaian di Ukraina, bukan untuk duduk diam,” kata Marsudi dalam konferensi pers. Dia menggambarkan konflik itu sebagai “sangat kompleks”. “Kunjungan itu merupakan bukti kepedulian kemanusiaan presiden dan bagian dari upaya mengatasi krisis pangan akibat perang, yang berdampak pada semua negara.”

Indonesia adalah ketua Kelompok Dua Puluh saat ini, yang terdiri dari dua puluh ekonomi utama. Negara tersebut pada bulan Maret memberikan suara mendukung resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengutuk serangan militer Moskow di Ukraina, tetapi tidak secara langsung mengkritik Rusia.

Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya telah menyerukan agar Rusia dikeluarkan dari G-20, tetapi Indonesia bersikeras bahwa semua negara anggota harus diundang. Widodo mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke KTT G20 mendatang di Bali, meskipun Ukraina bukan anggota

Inggris Raya: Penghapusan setengah dari Angkatan Bersenjata Republik Rakyat Donetsk

08:23 | Sekitar 55 persen angkatan bersenjata Republik Rakyat Donetsk (DPR), bagian separatis Ukraina timur yang didukung oleh Rusia, telah dieliminasi, menurut Inggris.

Menurut angka yang diterbitkan oleh Republik Demokratik Kongo pada 16 Juni, 2.128 tentara telah tewas dan 8.897 terluka sejak awal tahun ini, kata Kementerian Pertahanan di Twitter. Sejak 25 Maret, Rusia belum memberikan pembaruan tentang jumlah korban militer di Ukraina. Moskow kemudian melaporkan bahwa 1.351 tentara Rusia telah tewas dan 3.825 terluka sejak invasi pada 24 Februari.

Sebuah Firma Hukum Belanda Menghasilkan Jutaan Orang Rusia yang Dihukum

07:26 | Firma hukum Houthoff melakukan banyak hal untuk Sberbank dan VTB Bank Rusia, yang telah terkena sanksi sejak 2014. Houthoff menyangkal hal ini, tetapi bank-bank negara sudah menjadi klien. Selain itu, firma hukum tersebut bekerja untuk Rusia tanpa menyelesaikan uji tuntas klien yang diwajibkan secara hukum – kemungkinan merupakan kejahatan ekonomi. Ikuti laporan uang ini setelah penyelidikan.

READ  Pemilik Taman Indonesia di Calinkot menunjukkan ketangguhan dan semangat juang. Pendukung menjaga kebun binatang tetap bertahan

Bukan rahasia lagi bahwa kantor hukum dan hukum perdata Houthoff di Amsterdam telah melakukan bisnis dengan klien Rusia yang dicurigai. Telah dikenal selama bertahun-tahun sebagai “Kremlin di keluarga Zuid”.

Moskow menuduh Ukraina memblokir kapal

03:30 | Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Ukraina mencegah 70 kapal dari 16 negara mencapai pelabuhannya. Kapal-kapal tersebut tidak akan dapat meninggalkan pelabuhan karena akan dibombardir oleh Angkatan Laut Ukraina, yang juga dikatakan telah menempatkan ranjau laut di Laut Hitam.

Pada saat yang sama, Ukraina menuduh Rusia menghalangi ekspor biji-bijian dengan blokade laut di pelabuhan Ukraina, yang telah memicu krisis pangan global. Ukraina dan Rusia adalah salah satu pengekspor biji-bijian terbesar di dunia dan memainkan peran penting dalam memastikan keamanan pangan global.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pelabuhan Mariupol di Ukraina selatan, yang sekarang dikuasai Rusia, mulai beroperasi kembali pada Selasa. Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa sebuah kapal Turki menjadi kapal asing pertama yang meninggalkan pelabuhan pada hari Selasa. Dikatakan juga bahwa Rusia telah membuka jalur laut yang aman yang memungkinkan akses ke pelabuhan Kherson, Mykolaiv, Odessa, dan lainnya.