BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dapur Hantu: Ini adalah perkembangan terbaru

Pertumbuhan dapur hantu sepertinya tak terhentikan. Faktanya, segmen ini sudah mencakup pasar global milyaran dolar. Apakah Anda mengetahui adanya peningkatan? Trend Viewer GizSprekt Brewer membawa kita: dari merek virtual hybrid hingga kolaborasi dengan selebriti.

Teks: Pembuat bir Gizsbreakt

Dapur hantu macam apa yang ada sekarang?

Sebagian besar dapur hantu dirancang untuk persalinan, terkadang sebagai dapur produksi baru yang besar, mengilap, dan berteknologi tinggi. Prototipe tersebut adalah Rebel Foods, yang telah ada selama hampir satu dekade, dan lebih dari itu 350 dapurBerlokasi di India, Indonesia dan Inggris. Contoh lain adalah dapur versi pengiriman dari situs distribusi dengan nama yang sama. Ini ditemukan di seluruh dunia dan banyak lokasi direncanakan.

Kami juga mengenal Bright Kitchen di Belanda Merek Ini bertujuan untuk memiliki lima puluh dapur distribusi untuk pengiriman (merek virtual) dan di seluruh Belanda pada tahun 2024, serta ‘Inkubator Makanan’ dari Kitchen Republic (Amsterdam) dan Food Union (Rotterdam dan Harlem). Anda dapat menemukan kombinasi keduanya di The Kitchen Dojo (Rotterdam) yang baru: Pendiri Jr. Lukte memilih wirausahawan yang ingin tumbuh bersama di berbagai lokasi.

Kami menemukan dapur hantu di garasi dan dapur yang ada dengan kapasitas cadangan seperti hotel, katering atau dapur perusahaan. Terakhir, ada pembuat makanan yang bisa menyiapkan kehidupan hebat seperti pelayan dan pembuat makanan segar. Baru-baru ini, mereka telah bergerak ke distribusi yang lebih banyak. Vermat, misalnya, menguji jumlah besar dengan pengiriman dari berbagai dapur di bawah administrasinya.

Dimana dapur hantu?

Mereka berlokasi strategis dengan ruang yang baik untuk distribusi. Gambarlah lingkaran di sekitar dapur, hitung waktu pengiriman sepuluh hingga lima belas menit dengan sepeda listrik, dan kemudian Anda dapat menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Kebanyakan dapur hantu kini bisa ditemukan di kota-kota besar, di mana banyak konsumen (muda) memesan dengan mudah. Munculnya merek virtual terjadi di luar kota-kota besar.

READ  Penanaman Modal Asing di Sektor Konsumen Indonesia: Bisnis Distribusi Ganda, Ritel dan Logistik Dibebaskan

Apa itu Merek Virtual dan Merek Virtual Hibrid?

Dapur berhantu

Merek virtual adalah merek makanan yang dibuat untuk dunia distribusi digital. Hidangan sering kali disiapkan di dapur hantu atau di tempat katering yang ada. Merek Dapur Merek di Amsterdam (seperti Wagon Burger Brothers) dan Eat Caspar (seperti Barney Burgers) di Belgia adalah contoh yang bagus. Ada juga ‘merek virtual hybrid’. Kemudian seorang pengusaha mengambil formula yang ada, yang berisi materi fisik, dan menggulungnya di tempat yang tidak memiliki materi.

Misalnya, pengusaha katering Herman Hell menjual pizza Suko-nya di kota-kota besar dari lima tokonya sendiri, tetapi juga telah memberi sepuluh pengusaha kesempatan untuk menjual suku cadang dapur, dan mengirim pizza Suko. Toko hamburger Robert Grannonborg di Amsterdam, Thrill Grill, menawarkan burgernya di Rotterdam, misalnya, dari bisnis katering lokal.

Contoh terkenal dari Amerika Serikat adalah hot dog Nathan yang populer, yang kini memiliki lebih dari 50 bisnis virtual di luar New York City. Salah satu keuntungannya adalah Anda dapat meluncurkan merek virtual (hibrida) dengan cepat dan murah. Real estat tidak diperlukan, dan terkadang bahkan karyawan Anda sendiri (Anda akan mempekerjakannya). Praktis semuanya bisa dilakukan secara digital. Ini adalah kelemahan karena jumlah merek virtual berkembang pesat. Sudah ada lebih dari satu juta merek virtual di Amerika Serikat.

Bagaimana merek virtual bisa lebih unik?

Dapur berhantu

Perbedaan perlu berdiri sendiri di antara konsumen. Misalnya, Bright Kitchen berfokus pada vegetarianisme. Kami juga melihat banyak kemitraan seperti berkolaborasi dengan selebriti, influencer, atau merek media (online). Jadi ada Konsep yang paling banyak dibahas Tuan Beast Burger. Di sini, sebuah perusahaan layanan makanan bergabung dengan Mr. Beast populer yang dipengaruhi Amerika dengan lebih dari 54 juta pengikut di YouTube. Dia meluncurkan merek virtualnya dengan video YouTube-nya sendiri, yang telah ditonton lebih dari empat puluh juta kali. Jutaan burgernya sekarang dijual di tiga ratus ‘restoran’ virtual.

READ  Indonesia dan Singapura sedang mendiskusikan cara untuk membahas kerja sama

Contoh lainnya adalah akun Instagram terkenal di seluruh Amerika Serikat, kemitraan antara Pizza dan 150 restoran pizza. Mariah Carey juga ada di sana Merek cookie virtualnya sendiri, Sehubungan dengan ide makan virtual dari restoran Robert Earlin. Terakhir, penting untuk membedakan diri Anda: memasarkan seperti membeli dari iklan media sosial atau membeli tempat terbaik di situs distribusi.

Apakah dapur hantu atau merek virtual adalah sesuatu yang saya miliki sebagai pengusaha katering?

Dapur hantu membutuhkan banyak modal. Bagaimanapun, Anda perlu menyiapkan dapur produksi profesional dan menyewa real estat. Merek virtual membutuhkan investasi kecil dan menawarkan peluang untuk pendapatan tambahan (dan margin). Masuk akal untuk menawarkan opsi tambahan kepada konsumen, terutama di daerah berpenduduk jarang di mana hanya satu atau dua konsep yang ditawarkan.

Pengusaha dapat menanggapi hal ini dengan ide yang dikembangkan sendiri atau ide dari pemasok atau grosir besar. Menawarkan dapur (sebagian) kosong atau tidak terpakai adalah peluang lain bagi merek virtual yang mencari ekspansi.

Bagaimana masa depan dapur hantu?

Dapur berhantu

Renz Beckers dari dapur yang terang

Dapur Hantu sudah mencakup pasar global $ 1 miliar. Perusahaan riset Euromonitor mengharapkan pasar $ 1 triliun pada tahun 2030.

Artinya, hampir setiap bagian dari industri jasa makanan terjadi: dari data yang menunjukkan makanan apa yang dibutuhkan di area tertentu, hingga resep yang terkadang beredar di seluruh dunia. Tetapi pikirkan tentang produk yang semakin otomatis dan robot, proses pemasaran dan pemesanan, biaya dan distribusi. Ini akan terjadi lebih dan lebih efisien dan dengan lebih detail.

Apakah dapur hantu masih tergolong katering?

Dengan cita rasa terbaik di dunia, virtualisasi ‘makan’ tidak dapat dibandingkan dengan restoran tradisional. Ini adalah jenis layanan makanan baru yang didorong oleh pengaruh media sosial, teknologi, dan koktail dari modal ventura. Satu bentuk telah berguna bagi konsumen, agak menular, tetapi terutama karena kemudahan pengiriman yang luar biasa. Jadi ini katering, tapi kami tidak terbiasa.

Apa itu Ghost Kitchen?

Dapur berhantu

Ketika hidangan pengiriman dapur produksi (profesional) disiapkan, ini hanya berfokus pada penyajian makanan, kita berbicara tentang dapur gelap, hantu, atau awan. Dinamai setelah mantan CEO Uber Travis Callanic, dia telah membayar ratusan juta untuk membeli real estat dan memasok dapur di seluruh dunia.