BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hampir Mainstream Blockchain |  Saluran IT Belanda

Hampir Mainstream Blockchain | Saluran IT Belanda

Meskipun analis Gartner Avivah Litan hanya memberikan contoh dari sektor keuangan penggunaan blockchain, ketika ditanya, dia menjawab bahwa teknologinya pasti tidak terbatas pada industri ini. “Lihatlah rumah SettleMint Belgia, yang memiliki banyak aplikasi lain untuk namanya.”

Hal pertama tentang Litan. Dia bekerja sebagai Manajer Senior (Direktur Sistem Keuangan) di Bank Dunia selama lima belas tahun. Dia juga pernah bekerja sebagai jurnalis dan kolumnis untuk The Washington Times. Setelah bekerja sebagai analis sistem di Sperry Univac dan konsultan di Booz Allen Hamilton, dia bergabung dengan Gartner pada tahun 1999.
Dia berspesialisasi dalam semua aspek inovasi blockchain, kepercayaan AI dan manajemen risiko serta keamanan TI. Dia memiliki latar belakang yang kuat dalam banyak aspek keamanan siber dan penipuan, termasuk mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam area ini. Dia dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman ini dalam perannya saat ini, di mana dia berfokus pada perlindungan aplikasi blockchain, serta model dan data AI.

Pemukiman mint
Lalu ada hal tentang SettleMint, sebuah perusahaan Belgia yang berhasil dengan baik di pasar blockchain, kata Litan. Perusahaan ini didirikan di Leuven pada tahun 2016 oleh Rodrik van der Veer (CTO) dan Mathieu van Niekerk (CEO). ||
Misi kami adalah memungkinkan organisasi mana pun untuk berinovasi dengan kecepatan sangat tinggi dengan blockchain – apakah Anda ingin meningkatkan efisiensi, memberikan pengalaman pelanggan baru, atau sepenuhnya menemukan kembali model bisnis yang ada. bagaimana cara melakukannya? Dengan menghilangkan kompleksitas teknologi blockchain sehingga setiap organisasi dapat mempercepat adopsi blockchain dan mendapatkan keuntungannya. Platform kode rendah kami memudahkan tim TI untuk mengirimkan aplikasi blockchain dengan cepat dengan pendekatan pengembangan visual. Platform ini mencakup seperangkat alat, kerangka kerja, templat, dan API siap pakai untuk mempercepat pengembangan kasus penggunaan blockchain Anda sendiri. Aplikasi blockchain Anda akan aktif dan berjalan dalam beberapa minggu! Dan ya, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa pengalaman sebelumnya dengan teknologi tersebut, ”kata van der Veer di halaman LinkedIn-nya.

READ  Dana kekayaan kedaulatan Norwegia tidak termasuk Power Construction Corp of China

Blockchain
Ini membuktikan bahwa teknologi blockchain tidak terbatas pada sektor keuangan Pemukiman mint. Misalnya, perusahaan telah membantu jaringan supermarket Carrefour membuat rantai pasokan makanannya transparan berkat blockchain. Solusi pelacakan digital didasarkan pada kode QR dinamis yang diterapkan pada produk selama proses pengemasan. Konsumen hanya perlu memindai kode QR pada produk dengan smartphone untuk melihat seluruh siklus hidup produk, mulai dari peternakan hingga toko.
Databroker bermitra dengan SettleMint untuk mengeksplorasi potensi teknologi blockchain untuk membangun infrastruktur pasar data yang, dengan memecahkan kelemahan dalam status quo, memungkinkan perusahaan membuka nilai aset data mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi data.
Aplikasi lain telah dibuat untuk pemasok energi Elia, VIA Don Bosco, yang memeriksa apakah donasi disalurkan ke tempat yang benar, dan aplikasi telah dibuat dengan Universitas Indonesia untuk memeriksa apakah pemilihan parlemen berlangsung adil.

Awal yang hati-hati
Apakah blockchain akhirnya matang? Litan percaya pernyataan ini terlalu jauh. Tetapi fakta bahwa teknologi tersebut membuktikan dirinya dalam praktik dan akan diterapkan secara perlahan secara umum, menurutnya, berada di luar jangkauan. Jika kita melihat hypecycle Gartner (Juli 2022), kita melihat cryptocurrency, aplikasi terdesentralisasi, dan dompet blockchain di Jalan pencerahan Untuk berdiri platform blockchain pada titik terendah melalui kekecewaan Dan itu bergerak menuju aplikasi umum.
“Ada banyak kegagalan di masa lalu, tapi kami belajar dari mereka,” kata Litan. Selain itu, teknologinya menjadi lebih murah selama bertahun-tahun. Sekarang ada perusahaan yang menawarkannya sebagai layanan, sebagai tambahan infrastruktur yang ada. Blockchain tidak diragukan lagi bergerak ke arah yang benar. Belum ada ‘killer app’, tetapi teknologi ini diperkirakan akan matang dalam dua hingga sepuluh tahun.”

READ  Kudeta terhadap rencana dekarbonisasi senilai $20 miliar

Anda membutuhkan banyak kacamata
Litan percaya bahwa perkembangan teknologi metaverse semakin matang pada tingkat yang jauh lebih rendah. Dia membayangkan “pengalaman imersif” berkat metaverse. Tapi itu masih dalam tahap coba-coba belajar. Perusahaan dapat bersiap dengan implementasi terbatas, dan mencari peluang karena teknologi metaverse meningkatkan operasi digital atau menciptakan produk dan layanan baru. Tapi masih terlalu dini untuk mengatakan investasi metaverse mana yang akan bertahan dalam jangka panjang.”
Anda melihat teknologi metaverse diterapkan di rumah sakit. “Masalahnya sekarang adalah Anda membutuhkan banyak kacamata khusus untuk bergerak melalui versi metaverse rumah sakit. Teknologi ini benar-benar harus lebih mudah digunakan agar dapat diterapkan secara luas. Itu akan memakan waktu setidaknya satu dekade lagi. Teknologi Metaverse pasti memiliki masa depan.”

Web 3
Perkembangan seperti blockchain dan metaverse bertujuan untuk membuat dunia digital aman. Web3 sejalan dengan itu. Kami berbicara tentang serangkaian teknologi baru berdasarkan protokol blockchain yang mendukung pengembangan aplikasi web terdesentralisasi dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol identitas, konten, dan data mereka.
Litan: “Dengan Web3, Anda tetap menjadi pemilik data pribadi Anda; Facebook, misalnya, tidak mengontrol data Anda. Keuntungan dari Web3 adalah ia memiliki cryptocurrency bawaan; itu hilang di Web2, jadi penyedia harus melakukannya gunakan model periklanan untuk mendapat untung.” Membuat Web3 Banyak hal yang mungkin, tetapi akan memakan waktu.
Di Hypecycle Gartner, Web3 terletak di sebelah kiri File Tingginya ekspektasi yang melambung.

Pengarang: Witold Kepinski dan Teus Molenaar