BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia Meluncurkan Crypto Exchange Tahun Ini

Indonesia Meluncurkan Crypto Exchange Tahun Ini

Gambar sumber: Pixabay

Indonesia berencana untuk meluncurkan crypto exchange pada tahun 2023 untuk mereformasi sektor keuangan Sektor keuangan akan melihat perubahan regulasi aset digital, yang akan jatuh ke tangan Komisi Jasa Keuangan.

Didit Nurdiatmogo, kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Popepti), telah mengindikasikan bahwa pemerintah akan menyiapkan bursa sebelum Otoritas Jasa Keuangan mengambil alih pengawasan crypto dari Badan Komoditas.

Untuk saat ini, cryptocurrency akan diperdagangkan bersama komoditas dalam kontrak yang dikelola oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia.

Perlu dicatat bahwa rencana peluncuran pertukaran crypto dari pemerintah telah ditunda beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Platform ini awalnya direncanakan untuk tahun 2021, tetapi tenggat waktu diundur beberapa kali karena masalah operasi yang tidak terduga.

Wakil Sekretaris Perdagangan Jerry Sambuka mengatakan September lalu bahwa mereka berharap untuk meluncurkan pertukaran pada akhir 2022. “Kami akan memastikan bahwa setiap prosedur yang diperlukan tersedia dan setiap tindakan yang diperlukan diambil,” katanya.

Indonesia telah bersikap positif tentang cryptocurrency selama beberapa waktu dan Menteri Perdagangan Indonesia telah menyetujui cryptos sebagai komoditas untuk diperdagangkan pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, Otoritas Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia, atau Popepti,
Ini menyajikan kerangka peraturan tentang bagaimana aset kripto dapat diperlakukan di masa depan. Singkatnya, jual beli kripto diperbolehkan di Indonesia. Namun, ini hanya berlaku untuk tujuan investasi.

Jumlah investor crypto Indonesia juga terus meningkat untuk sementara waktu. Misalnya, ada 11,2 juta investor crypto di Indonesia pada akhir tahun 2021. Ini telah meningkat menjadi 16 juta dalam 11 bulan.

Namun, volume perdagangan crypto juga terpukul selama setahun terakhir. Pada tahun 2022, nilai perdagangan akan turun menjadi 300 triliun rupee ($19,2 miliar), turun dari 859 triliun rupee pada tahun sebelumnya.

READ  Indonesia mengerahkan rig pemboran untuk memulai pemboran energi

Perlu juga dicatat bahwa Bappebti berhenti mengeluarkan sertifikat pendaftaran kepada calon pedagang kripto Agustus lalu. Ini bertujuan untuk melindungi kepentingan semua orang di pasar crypto dengan menyediakan operasi perdagangan yang transparan, efisien dan efektif.

Saat ini, terdapat 25 bursa kripto berlisensi yang beroperasi di Indonesia. Ini termasuk Zipmex, yang menghentikan penarikan tahun lalu dan masih dalam proses pemulihan.

Institut DFA baru-baru ini merilis laporan yang menyatakan bahwa aset crypto memerlukan peraturan yang jelas untuk mencapai adopsi arus utama. Olivier Fines, CFA, Ketua Advokasi CFA, berkata:

“Kerangka peraturan yang kuat harus dibuat untuk kepentingan penyedia dan pengguna kripto. Pembuat kebijakan harus setuju untuk menerapkan undang-undang yang ada ke berbagai elemen dalam ekosistem kripto atau membuat undang-undang baru untuk mengisi celah apa pun. Percaya pada integritas. Pasar kripto sangat penting untuk menarik investor dan skala jaringan crypto.”

Presale komersial Dash 2 hampir berakhir

Mata uang kripto baru akan segera hadir di pasar yang akan membantu Anda menemukan pedagang terbaik di pasar. Ini adalah Dash 2 Trade, token milik platform perdagangan Dash 2, yang menjadi dasbor tempat Anda dapat menemukan semua informasi yang Anda ketahui dan tentangnya. Cryptocurrency baru dapat ditemukan.

Pra-penjualan perdagangan Dash 2 sudah terjual habis dan daftar pertama masih beberapa hari lagi, tetapi tim di balik cryptocurrency bertekad untuk meluncurkan putaran pendanaan yang lebih besar. Ini memberi investor yang melewatkan pra-penjualan kesempatan untuk berinvestasi pada waktu yang tepat.