BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia meluncurkan proyek “Whoosh”, kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara |  di luar

Indonesia meluncurkan proyek “Whoosh”, kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara | di luar

Indonesia mengoperasikan jalur berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara pada hari Senin, setelah tertunda selama empat tahun. Proyek yang sebagian besar didukung Tiongkok ini menghubungkan ibu kota, Jakarta, dengan Bandung, ibu kota Jawa Barat, dalam waktu 45 menit.

“Whoosh” dapat mencapai kecepatan hingga 350 kilometer per jam. Dalam peresmian resminya, Presiden Joko Widodo menyampaikan dengan bangga tentang pertama kali di Asia Tenggara. Konstruksinya seharusnya selesai pada tahun 2019 dan menelan biaya kurang dari tujuh miliar euro, hampir $2 miliar lebih banyak dari anggaran awal. Pihak berwenang telah menguji jalan sepanjang 142 kilometer sebelum pembukaan. Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang sudah melakukan perjalanan dengan kereta api bersama Menteri Indonesia Luhut Pandjaitan pada awal September.

Kereta ekspres disebut “Whoosh”. Menurut Widodo, singkatan tersebut terinspirasi dari suara kereta berkecepatan tinggi. Menurut platform berita online Indonesia Detek.com Whoosh juga merupakan singkatan dari “penghematan waktu, kinerja optimal, dan sistem yang andal”.

Dua jam lebih cepat

“Kereta peluru” di Indonesia dua jam lebih cepat dibandingkan jalur kereta reguler antara Jakarta dan Bandung. Indonesia membangun jalur kereta api bersama Tiongkok. Investasi Tiongkok ini merupakan bagian dari proyek Jalur Sutra baru Tiongkok yang ambisius. Negara ini menyediakan sejumlah besar uang untuk mengembangkan jalan, pelabuhan, kereta api, dan fasilitas infrastruktur lainnya di luar Tiongkok. Hal ini juga untuk mendukung impor dan ekspor Tiongkok.

Pencucian pertama tiba di Bandung hari ini. © Agence France-Presse

Permata mahkota

China Development Bank menanggung tiga perempat biayanya. Sisanya didanai oleh saham konsorsium KCIC, menurut surat kabar lokal, yang menggambarkan Whoosh sebagai “permata mahkota” Jalur Sutra Baru Tiongkok.

READ  Perusahaan Vietnam VinFast akan memasok kendaraan listrik ke Eropa tahun ini saat UE menyelidiki saingannya dari Tiongkok - 21 September 2023 pukul 13.04.

Sistem ini dikelilingi oleh persaingan antara Tiongkok dan Jepang, negara adidaya kereta peluru tradisional Asia. Pada tahun 2015, Tiongkok memenangkan tender dengan menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah. Namun, menjelang akhir konstruksi, Tiongkok menyetujui kenaikan biaya sebesar $1,2 miliar, kata orang dalam, di luar pembengkakan biaya sebelumnya sebesar $500 juta. Karena kenaikan biaya tersebut, konsorsium Indonesia KCIC yang berada di balik kereta peluru terpaksa mendapatkan pinjaman baru dari China. Keterlambatan produksi dan pandemi Covid-19 juga menyebabkan tagihan meningkat secara signifikan.

Meski biayanya mahal, pemerintah Indonesia punya rencana besar untuk terus memodernisasi jaringan kereta api nasional. Mereka sedang mempertimbangkan untuk memperluas Jalan Cuci ke Surabaya, kota terbesar kedua di negara ini, yang terletak 780 kilometer di sebelah timur ibu kota. Pakar independen menyarankan pemerintah Indonesia untuk mengevaluasi kinerja “Whoosh” antara Jakarta dan Bandung terlebih dahulu. Selain ledakan biaya, yang menurut beberapa orang telah membuat Indonesia berada dalam “perangkap utang Tiongkok” (menyebabkan ketergantungan politik pada Tiongkok melalui utang yang besar), proyek bergengsi ini juga telah menimbulkan masalah lingkungan dan masalah lainnya, menurut laporan media lokal. termasuk dalam banjir itu. Banyak pekerja Tiongkok meninggal di tempat kerja.