BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menjadi tuan rumah K-Pop Golden Disc Awards untuk pertama kalinya

Indonesia menjadi tuan rumah K-Pop Golden Disc Awards untuk pertama kalinya

JAKARTA (Jakarta Post): Golden Disc Awards ke-38, salah satu acara penghargaan musik tertua dan paling terkenal di Korea Selatan, akan diadakan di Jakarta untuk pertama kalinya, menandakan semakin pentingnya Indonesia sebagai salah satu bintang musik K-pop terbesar . Pasar konsumen di dunia.

Pertunjukan tersebut akan digelar pada 6 Januari 2024 di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara. Sebelumnya diadakan di Bangkok pada bulan Januari.

Pertama kali didirikan pada tahun 1986, acara bergengsi ini awalnya mengadakan penghargaan Korean Visual and Recording Grand Prix sebelum berganti nama menjadi Golden Disc Awards pada tahun 2001. Upacaranya diselenggarakan di Korea Selatan untuk sebagian besar acara hingga tahun 2012 ketika pertama kali diadakan di luar negeri di Osaka , Jepang.

Di lain waktu, Gold Disc Awards telah diadakan secara internasional termasuk di Kuala Lumpur pada tahun 2013 dan Beijing pada tahun 2015.

Ini adalah pertama kalinya upacara penghargaan K-Pop tahunan besar diadakan di Indonesia.

Hiburan Korea telah mendapatkan banyak pengikut di Indonesia sejak akhir tahun 2000an, setelah fenomena budaya global Halle, atau Korean Wave. Pertumbuhannya semakin pesat pada tahun 2000-an, dan terlebih lagi pada tahun 2020-an, karena penelitian menunjukkan bahwa banyak orang merasa nyaman dengan konten Korea selama pandemi.

Berdasarkan data tahun lalu dari Twitter yang kini berganti nama menjadi X, Indonesia menjadi negara dengan tweet terkait K-pop terbanyak pada tahun 2021, selama dua tahun berturut-turut. Filipina tertinggal di peringkat kedua dan Korea Selatan sendiri di peringkat ketiga.

“Kami sangat bangga menjadi promotor lokal acara bersejarah dan internasional ini,” kata Rezdanya Herlendita, kepala komunikasi pemasaran PT Nusantara Indah Ceria Entertainment (NICE), saat konferensi pers, Rabu.

READ  Korea Selatan berencana membanjiri China, Thailand, dan Indonesia dengan poliamida

Rezdanya menambahkan, acara tersebut akan menjadi simbol persahabatan Korea Selatan dan Indonesia serta wadah untuk meningkatkan hubungan budaya kedua negara.

NICE sebagai promotor lokal akan bermitra dengan stasiun penyiaran Korea Selatan JTBC untuk acara tersebut, yang mengatakan bahwa mereka “sangat senang” bisa bekerja sama dengan promotor Indonesia.

“Ini adalah momen bersejarah bagi Korea Selatan dan Indonesia. Kami ingin membalas rasa terima kasih kami kepada penonton Indonesia dengan menghadirkan acara ini ke Indonesia,” kata Kim Yeosuk, direktur strategis global JTBC, dalam konferensi tersebut.

Kim juga menambahkan bahwa akan ada penampilan spesial dan kolaborasi di acara tersebut.

Bekerja sama dengan Bank Mandiri, edisi Jakarta tahun depan akan menampilkan Mandiri Award khusus yang dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk artis K-Pop yang paling dinantikan, yang berfungsi untuk menyoroti suara komunitas K-Pop di Indonesia.

Rezdania mengatakan JIS “siap” meskipun ada kritik terhadap infrastrukturnya awal tahun ini.

JIS adalah tempat pertunjukan band rock populer Indonesia Dewa 19 pada tanggal 4 Februari, menarik lebih dari 75.000 penonton. Namun, penonton mendapati bahwa sistem suaranya tidak memuaskan dan akses terhadap transportasi umum sangat buruk, menyebabkan sekelompok orang terdampar di jalan setelah pertunjukan.

Promotor acara Redline Kreasindo telah meminta maaf atas kekecewaan tersebut. JIS juga telah mengalami renovasi besar-besaran sebagai persiapan Piala Dunia FIFA U-17 yang dimulai pada 10 November.

“Kami telah merencanakan pengendalian lalu lintas yang ketat di JIS dan menambah jumlah shuttle bus untuk transportasi. Atapnya yang bisa dibuka juga akan membantu jika terjadi hujan,” kata Rezdanya.

Daftar acaranya akan diumumkan pada awal Desember, yang akan mencakup setidaknya 12 artis yang dinominasikan untuk acara tersebut.

READ  CNN mengkritik Microsoft karena membuat kekacauan dalam berita dengan mengganti karyawan MSN dengan kecerdasan buatan

Peserta dan artis terdahulu di Golden Disc Awards 2023 di Bangkok termasuk grup terkenal seperti SEVENTEEN, pendatang baru seperti IVE dan NewJeans, dan bintang seperti J-Hope dari boy band populer BTS.

Tiket VIP akan tersedia mulai 23 November, disusul tiket reguler pada 30 November. Harga tiket acara penghargaan di Jakarta berkisar antara 1,3 juta hingga 6 juta rupiah.