BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jejak terhapus: 18 siswa mengejutkan mulai di Belgia setelah semua di pengadilan

1. Seperti apa Sanda?

Sanda Dea telah menjadi mahasiswa teknik selama 20 tahun di Universitas Katolik Leuven. Putra dari Anime de Ville Belgia dan Ousmane Dia dari Mauritania, sebuah negara yang terletak di pantai barat Afrika, lahir pada 9 April 1998 di Idigam, sebuah tempat di provinsi Antwerpen Belgia.

Sebagai mahasiswa tahun ketiga, Sanda memutuskan untuk bergabung dengan Reuzegom, asosiasi mahasiswa Leuven yang populer untuk pria yang didirikan pada tahun 1946. Reuzegom dikenal sebagai klub “elit” Flemish, yang semuanya adalah anak-anak dari ayah dari latar belakang kaya, seperti pengacara, hakim dan pengusaha.

Sanda bukan filter Reuzegom biasa. Ayahnya adalah seorang pekerja dan memiliki asal imigran. Juga umum bagi siswa tahun pertama untuk bergabung dengan asosiasi. Tapi Sanda ambisius dan berharap bisa berteman seumur hidup melalui Reuzegom. Teman yang berguna di kemudian hari dalam karirnya.

2. Apa yang terjadi selanjutnya?

Pada awal Desember 2018, Sanda bersama dua anggota Reuzegom lainnya menjalani ritual inisiasi selama dua hari. Hari pertama yang disebut “pembaptisan” tiga “poros” disertai dengan minum dan banyak minum. Karena ketiganya dimaksudkan untuk menyentuh dunia, Salah satu dari tiga mengatakan Kemudian untuk surat kabar Belgia Het Nieuwsblad.

Misalnya, Sanda meminum bir, gin, dan vodka dengan cepat sesuai permintaan. Dia muntah dan pingsan, di mana anggota Reuzegom mengencingi dia. Gunting juga ditempatkan di rambutnya. Akhirnya, Sanda ditempatkan dalam keadaan mabuk, di kamar mahasiswanya. Dia tidak bisa minum air di sana pada malam hari: semua keran di rumah dimatikan, sehingga ampasnya menjadi lebih berat. Mereka juga melumuri kamarnya dengan cokelat dan saus tomat.

READ  Setahun setelah ledakan di Beirut: Bagaimana keadaannya sekarang?

Kembali pada hari itu, ada dua hal yang salah. Mereka bertiga harus menggali lubang di sebuah pondok di hutan di Forseller. Di sana mereka harus minum “bubur kaki”, campuran minyak ikan yang sangat asin yang telah ditambahkan tikus hidup menggunakan blender. Mereka juga harus menelan seekor ikan mas dan menghidupkannya kembali, dan Sanda diminta untuk menggigit kepala belut tersebut. Suhu di luar sekitar 6°C dan ember berisi air es dilemparkan ke lubang tersebut, yang juga digunakan sebagai toilet untuk sisanya.

Sanda menjadi hipotermia dan tidak dikeluarkan dari sumur sampai beberapa jam kemudian. Sesampai di rumah sakit, suhu tubuhnya turun hingga 27 derajat. Pria muda itu berakhir dalam keadaan koma dan meninggal beberapa hari kemudian karena kegagalan beberapa organ. Dua kolom lainnya juga disertakan, tetapi mereka selamat dari ritual.

3. Siapa saja tersangkanya?

Semua 18 anggota Reuzegom yang hadir diharuskan hadir di pengadilan pidana dan terancam hukuman maksimal sepuluh tahun penjara. Mereka dicurigai dengan sengaja memberikan zat berbahaya yang mengakibatkan kematian, pembunuhan tidak disengaja, perlakuan yang memalukan dan kelalaian yang bersalah. Mereka juga beberapa kali menyebut Sanda sebagai “negro”, meskipun menurut jaksa penuntut umum Belgia, tidak ada alasan rasis.

Terlambat ternyata Bahwa kepala Reuzegom, salah satu tersangka, memerintahkan agar semua foto dan pesan dari malam itu dihapus. Juga – ketika Sanda masih di rumah sakit – sumur telah ditutup, dan petugas kebersihan telah disewa untuk membersihkan kamar muridnya dan memperbaiki keran. Sementara itu, Giant Gommers menghapus akun media sosial mereka dan semua meninggalkan grup WhatsApp.

Yang terjadi selanjutnya adalah keheningan, dan permintaan maaf kepada kerabat tidak pernah datang. Kelompok itu bersembunyi di balik para pengacara, ambruk dan segera seluruh klub mahasiswa Reuzegom ditutup. Pada tahun 2019, anggota universitas yang relevan pertama-tama akan diberikan pengabdian kepada masyarakat dan harus menulis makalah penelitian. Kritik terhadap hukuman ringan itu sangat besar, yang dilakukan oleh KU Leuven masih berdering untuk berkomentar.

READ  CDU Merkel tetap menjadi partai terbesar dalam pemilihan negara bagian Jerman di luar negeri ارج

Sementara itu, kematian Sanda memicu kemarahan dan perdebatan sengit tentang perpeloncoan dan keadilan kelas. Ada banyak referensi tentang sikap para siswa, yang melakukan segala daya mereka untuk menghapus jejak dan sama sekali tidak bertanggung jawab atas kematian Sanda.

4. Apa yang terjadi hari ini?

Hampir tiga tahun setelah kematian Sanda, persidangan berakhir Terlalu banyak penundaan Kemudian akhirnya dimulai. Setelah sidang pendahuluan pada akhir September, para ahli akan berbicara di Pengadilan Hasselt siang ini pukul 14.00. Pertimbangkan ahli patologi (“dokter hukum”), ahli toksikologi, dan ahli medis terkait lainnya. Pembelaan tersangka akan mempertanyakan laporan medis.

Permohonan pengacara akan menyusul mulai 22 April tahun depan. Mengingat banyak tersangka, vonis diharapkan dalam beberapa bulan.

Bekerja sama dengan jurnalis kriminal VTM Faroek zgünes.