BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal nelayan yang membawa 700 migran tiba di Lampedusa

Lebih dari 700 migran tiba di pelabuhan pulau Lampedusa Italia tadi malam. 686 dari mereka berada di kapal penangkap ikan dan 70 migran lainnya berada di empat kapal kecil.

Para migran sedang menjalani “pemeriksaan kesehatan” di Lampedusa, hingga besok kemungkinan besar akan diisolasi akibat virus corona. Menurut seorang Italia, kapal nelayan besar itu berangkat dari Libya.

Pihak berwenang khawatir bahwa lebih banyak imigran akan mengikuti. Walikota Lampedusa mengatakan kepada media Italia bahwa setelah beberapa hari cuaca buruk, perahu-perahu itu sekarang kembali lagi, karena lautnya tenang.

kamp Libya

Terakhir kali kapal besar mencapai Lampedusa adalah pada akhir Agustus. Kemudian 538 migran tiba di pulau itu. Ini semua adalah orang-orang yang telah dianiaya di kamp-kamp Libya. Sedang diselidiki apakah ini juga berlaku untuk orang-orang yang sekarang telah tiba.

Sebagian besar kapal besar yang berlabuh di Italia berasal dari Libya barat, dengan penyeberangan ke Lampedusa menjadi yang terpendek. Sejak musim panas lalu, para pelaku perdagangan manusia juga menggunakan jalur yang berbeda, dengan titik awal perbatasan dengan Mesir.

“Tidak diragukan lagi kita menghadapi perubahan strategi para pedagang, yang harus diwaspadai,” kata walikota Lampedusa. media Italia. Dia meminta lebih banyak dukungan dari pemerintah Italia dan dari Uni Eropa.

Lebih banyak imigran dari tahun lalu

Menurut angka Kementerian Dalam Negeri Italia, 44.778 migran telah tiba di Italia dengan kapal sejak Januari, dibandingkan dengan 27.517 pada periode yang sama pada 2020 – ketika lebih sedikit orang menyeberang karena wabah virus corona.

11.000 orang tewas di persimpangan, dua kali lipat jumlah kematian tahun lalu.

READ  Pembunuh menyerang lagi setelah 27 tahun di penjara: Kami tidak akan berhenti sampai kami melihatnya di kursi listrik' | Luar negeri