BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Keindahan dan Horor di Pameran Indonesia di Niue Kerk

Keindahan dan Horor di Pameran Indonesia di Niue Kerk

Pameran Indonesia Hebat dapat ditemukan di Neway Kerk. Sebelumnya, pada tahun 1992 dan 2006, juga diadakan pameran tentang nusantara yang telah berabad-abad dijajah Belanda, namun sebagian besar bersifat arkeologis dan sejarah seni. Kini diskusi telah dimulai setelah bertahun-tahun, produser dan pemuda kontemporer juga ikut dibahas. Pengunjung menjelajahi bagian tengah gereja besar dan terus melihat pemandangan masa kini dari sejarah Indonesia yang panjang dan penuh gejolak. Pergi untuk melihat oost online.

Anne-Mariken Raukema

VSebelum pameran dimulai, dipaparkan beberapa fakta yang langsung membekas di benak Anda: Indonesia dengan jumlah penduduk 274 juta jiwa merupakan negara terbesar ketiga di dunia, memiliki 17.508 pulau, garis pantai sepanjang 54.716 kilometer, 934 suku berbeda, dan Anda akan belajar. Sekilas tentang fakta lainnya.

Sejarah penting Indonesia diilustrasikan dalam tujuh tema, namun jelas bahwa pilihan harus diambil. Logikanya, Neue Kerk tidak memiliki koleksi sendiri dan selama tiga tahun persiapannya bergantung pada puluhan pemberi pinjaman: museum, arsip, perpustakaan universitas, dan perorangan di dalam dan luar negeri.

Delapan tema

Pameran diawali dengan tema ‘Nusantara’, nama kuno daerah yang kini dikenal sebagai Indonesia. Keajaiban alam dibahas. Keanekaragaman spesies di luar sana tidak ada bandingannya di mana pun. Kepulauan ini menempati 1 persen permukaan bumi, namun 10 persen dari seluruh spesies tumbuhan terdapat di sana; 12 persen mamalia, 15 persen reptil dan amfibi, 17 persen burung, dan lebih dari seperempat spesies ikan.

Ada enam tema lagi: dari Kerajaan Kuno dan Nenek Moyang hingga tentu saja Revoluci dan Indonesia dan Belanda. Penemuan arkeologi dan cerita tradisional, benda emas kecil dan benda setinggi satu meter bergantian di ruang pamer, di tiang penyangga, layar video, dan spanduk besar. Pertukaran selama berabad-abad dengan India, Tiongkok, dan Timur Tengah telah menghasilkan sejarah panjang keanekaragaman tekstil terbesar di dunia. Hal ini terlihat dari tampilan saree dan kain yang indah.

READ  Tayang 17 Februari: Penyelidikan Penting tentang Dekolonisasi Indonesia // Apa itu sayuran? Apa itu buah? // 'Partisipasi mencegah perubahan energi' // Prancis menarik diri dari Mali

Siapapun yang mau bersusah payah mengikuti tur audio (termasuk dalam biaya masuk) dapat mendengarkan karya audio dari penulis terkenal Belanda dan (bagi saya) yang kurang dikenal dari Indonesia. Marion Bloem, Jan Brokken, Dido Michielsen, Thom Hoffman, Anne Lot Hoek dan banyak lainnya berbicara tentang pengalaman perjalanan mereka. Ratusan benda dan banyak cerita menggambarkan sejarah. Pameran ini mencerminkan percakapan yang luas.

Menyakitkan

Jelas sekali ada fokus pada karya seni curian dan arsip curian, dan hal ini sangat topikal. Poster dan pamflet – yang kami sebut selama puluhan tahun – adalah ‘kegiatan polisi’. Cara kita menangani karya seni yang dicuri baru-baru ini telah diatur, dan kebijakan mengenai dokumen arsip yang dicuri saat ini sedang dikembangkan oleh Dewan Kebudayaan.

Pameran ini memberikan gambaran sejarah negara yang panjang dan penuh peristiwa, kekayaan budaya dan warganya selama berabad-abad. Dari masa kejayaan Kerajaan Majapahit yang legendaris, revolusi melawan kekuasaan kolonial dan kemerdekaan Indonesia serta Perang Dunia II, hingga proklamasi Republik oleh Sukarno pada tahun 1945, era Sukarto dan Indonesia masa kini dengan segala janji dan tantangannya.

menentang

Bagian yang menampilkan protes terhadap pemerintahan Belanda menarik. Hal ini terjadi lebih jauh ke belakang dibandingkan masa Revolusi yang terkenal. Beberapa pejuang perlawanan dan dampak munculnya nasionalisme dibahas. Sejarah bersama antara Indonesia dan Belanda dimulai pada abad ke-16, ketika orang Belanda pertama berlayar di bawah bendera Perusahaan Hindia Timur Belanda. Tiga abad kemudian, Belanda melakukan peperangan yang tak terhitung jumlahnya untuk mempertahankan dan memperluas kekuasaan melalui kekerasan. Tidak semua orang mengetahui bahwa ratusan ribu orang diperbudak pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

READ  Marketmind: Cina di bawah pengawasan politik dan ekonomi

Boneka beruang di atas alas berasal dari kamp interniran Jepang, dari seorang anak yang menghabiskan tahun-tahun terakhir perang di sana. Di bawah ini adalah gambar pensil dan peralatan seorang tawanan perang yang dipaksa bekerja di Kereta Api Burma. Informasi yang sangat konkret disediakan oleh The Hack Omniverse. Daftar nama laki-laki, perempuan dan anak-anak Belanda yang dibunuh oleh pihak Indonesia di Tegel antara tanggal 10 dan 12 Oktober 1945.

Seni kontemporer

Dalam pameran tersebut ditampilkan karya-karya seniman Indonesia yang berusia antara 30 hingga 74 tahun. Belum semuanya bisa dilihat; Tugas yang masih harus dikirim akan tiba pada bulan Desember; Alasan untuk pergi lebih dari sekali. Produser mengangkat tema-tema terkini seperti gender, kekerasan, dan perubahan iklim.

Salah satu seniman kontemporer Indonesia yang paling disegani dan peserta tertua adalah video seniman visual FX Harsono (1949) dalam ‘Niche’. Dia menulis namanya dalam huruf Cina di cermin dengan kuas besar. Hujan turun perlahan. Gambaran yang kuat menggambarkan kehilangan, perjuangan, dan kenangan. Lagi pula, di bawah pemerintahan Soeharto, siapa pun yang berlatar belakang Tionghoa harus mengganti namanya menjadi Indonesia.

Karya Luna 9 karya seniman Mangmoel (1984) memiliki sifat yang sangat berbeda, sebuah karya warna-warni yang terbuat dari bahan daur ulang yang sebenarnya sangat berbeda karena karang cepat kehilangan warnanya. Isu iklim global menjadi benang merah dalam karya visualnya.

Kegiatan

Selama enam bulan Pameran Indonesia Hebat diselenggarakan, berbagai kegiatan diselenggarakan sebagai bagian dari acara sampingan. Ada malam sastra bersama Adrian van Dis dan Hans Kotkoop, dan ‘malam sensorik’ dengan film, teater, tari, dan memasak. Ada ceramah, film khusus akhir pekan, dan konser. Pantau terus situs web untuk ini.

READ  Berita Mitra - Lowongan: Penggalangan Dana Freelance

Pameran Indonesia Hebat Lihat hingga 1 April 2024.

www.nieuwekerk.nl