BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kisah Groot IJsselmuiden: Anda Belum Melupakan Akar Anda | Menjembatani

Dia berusia delapan puluh enam tahun, ton! Aku mengenalnya dari sisi lingkungan. Saya memiliki titik lemah untuk pria ini dan saya akan tenggelam jika saya menatap matanya. Dalam teleskop gelap itu saya melihat segalanya: kelembutan, kecemerlangan, ketenangan, humor, dan apa pun. Dia tidak berasal dari sini, tetapi dia juga bagian dari komunitas kami, bahkan masa mudanya.

Ton menghabiskan dua puluh tahun pertama hidupnya di Indonesia. Artinya, dia telah tinggal di sini selama enam puluh enam tahun. Untuk pertanyaan saya apakah dia merasa lebih Belanda atau India, dia dengan jujur ​​menjawab: “Saya tidak bisa menjawab itu, saya masih berdiri di sana suatu pagi dan di sini pada pagi yang lain. Aku hidup di antara 2 dunia. Dia menginspirasi saya dengan pesonanya, tapi mungkin karena kami juga memiliki seorang putri dari India. Saya melihat begitu banyak pengakuan dalam keheningan sehingga ‘mereka’ menyebar. Jika saya menamainya seperti itu, dia tahu mengapa. Matahari yang terbakar! Ini memastikan bahwa Anda tidak bisa terlalu sibuk. Tapi kenyataannya berbeda…

kampung

Mereka tinggal di daerah kelas pekerja yang disebut Kampong di Batavia, Jawa. Rumah-rumah di Kampung terbuat dari tiang bambu. Sub muncul dari matanya ketika dia mengatakan dia bermain dengan pacarnya di jalan dan kemudian diam-diam membelah tiang bambu di rumah agar mereka bisa melihat ke dalam. Dia tertawa ketika saya memberi tahu dia apa yang belum mereka lihat di tur Bajingan ini. Saya hanya bisa membayangkan mereka berlari di jalanan dengan kaki telanjang. Tapi disini juga ternyata saya buat romantis. Karena pada hari-hari awal itu adalah kerja keras. Dia bercerita tentang adiknya yang bekerja di galangan kapal ketika dia berusia 8 tahun. Di sana, kayu gelondongan tebal harus diangkut dari dasar kapal ke laut dengan tangan kosong. Pekerjaan yang sangat bagus untuk anak-anak muda itu, nak. Saya segera melihat matahari yang membakar yang dia bicarakan.

READ  Kasus pembajakan kereta selama setahun di de Bunt: 'Masalah masih hidup'

‘Jabpentijt’

Ketika ditanya periode mana di Indonesia yang paling membuatnya terpesona, dia pasti menjawab: Periode Pekerjaan. Itu adalah tahun-tahun yang sulit. Tidak dapat bersekolah selama bertahun-tahun, kerja paksa, ketakutan, dll. Semuanya didominasi oleh pekerjaan pekerjaan. Ada hari-hari ketika Anda harus tidur tanpa makanan. Ketika mereka mendapat semangkuk nasi, mereka sangat gembira. Ibunya memasak begitu lama sehingga bubur berubah menjadi bubur kental untuk mengisi perutnya.

Don adalah anak dari ayah Belanda dan ibu Indonesia. Ketika genosida dimulai di Indonesia, keluarga tersebut berangkat ke Belanda. Tidak peduli seberapa ganda, Anda harus menyerahkan semua yang Anda inginkan. Tetap saja… ada harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Perjalanan perahu berlangsung selama sebulan penuh. Selama tiga puluh hari tidak ada apa-apa selain air dengan punggungan putih, dan selama tiga puluh hari semuanya dikemas dalam gubuk-gubuk kecil. Tapi mereka bersedia membayar karena Belanda menunggu di seberang cakrawala. Begitu sampai di pantai, mereka tiba di Norgay. Kehidupan di sini sangat berbeda, tetapi tidak. Ton harus berjuang untuk menemukan tempat dalam proses persalinan. Terjadi pengangguran yang tinggi. Tiba-tiba dia turun tangan sebagai asisten pemegang buku. Pergi untuk belajar di malam hari. Setelah lulus, ia bekerja di bidang sosial.

Selamat datang

Dunn selalu diterima dengan baik di Belanda dan telah menemukan tempatnya di sini meskipun sering berkunjung ke Indonesia. Belanda adalah negara yang makmur dengan masa depan yang cerah. Menikah dengan seorang Belanda, pernikahan itu diperkaya oleh tiga putra. Dia dengan bangga mengatakan bahwa ketiga putranya berpendidikan universitas. Ton mendapatkan semua yang dia bisa dapatkan dari kehidupan.

Sementara itu saya berpikir: Belanda diperkaya oleh orang ini. Sungguh luar biasa ketika dua budaya bersatu, membawa begitu banyak keindahan. Akarnya ada di tempat lain, itulah yang membuatnya begitu istimewa. Dia adalah anak laki-laki yang tampan, orang Belanda Indonesia ini. Dengan kata lain, IJsselmuiden ini asli!

READ  Negara-negara seperti Brasil dan Indonesia telah sepakat untuk menghentikan deforestasi

Hingga Desember 2021, biografi khusus Groot IJsselmuiden (IJsselmuiden, Grafhorst, Kamperveen, Wilsum, Zalk dan Veecaten) akan diterbitkan setiap dua minggu sekali.

Ini adalah kemitraan antara Best of Company dan Brookmedia. Bingung mau cerita apa? Datanglah ke Het Lokaal, Erfgenamenstraat 1c di IJsselmuiden pada hari Rabu 27 Oktober pukul 19:30.