BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih banyak olahraga di tahun baru: Apakah lebih baik mendapatkan jam tangan pintar atau pelacak aktivitas?  |  panduan saya

Lebih banyak olahraga di tahun baru: Apakah lebih baik mendapatkan jam tangan pintar atau pelacak aktivitas? | panduan saya

Ini tanggal 1 Januari, waktu niat baik! Jika Anda akan berolahraga lebih banyak, Anda memerlukan jam tangan yang dapat melakukan lebih dari sekadar menampilkan waktu. Apakah lebih baik memilih jam tangan pintar atau pelacak aktivitas (juga dikenal sebagai pelacak kebugaran)?

Perbedaan antara jam tangan pintar dan pelacak aktivitas tidak selalu jelas, tetapi ada. Perangkat mana yang Anda pakai di pergelangan tangan bergantung pada apa yang Anda gunakan. Kedua perangkat yang dapat dikenakan itu bagus untuk sejumlah aplikasi. Namun, ada banyak alasan untuk memilih salah satu dari yang lain.

Smartwatch sebagai perpanjangan telepon Anda

Anda dapat melihat jam tangan pintar sebagai perpanjangan dari ponsel cerdas Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi di dalamnya dan menggunakan jam tangan pintar untuk menelepon, mengirim SMS, mengirim email, menavigasi, dan membayar. Ada sensor yang mengukur detak jantung, tekanan darah, dan tingkat stres Anda, misalnya. Sensor bervariasi berdasarkan model. Anda juga dapat melihat data terukur di ponsel Anda.

Seperti halnya jam tangan tradisional, ada jam tangan pintar dengan bodi melingkar, antara lain Samsung Galaxy Watch 5 dan Garmin Venu. Model lain berbentuk persegi, seperti Apple Watch 8 dan Fitbit Sense 2. Pabrikan menawarkan jam tangan pintar dalam berbagai warna atau bahan. Ada juga gelang jam dan dial yang berbeda untuk dipilih, yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan perangkat.

Jam tangan pintar memiliki daya tahan baterai yang terbatas seperti halnya ponsel cerdas Anda. Sebagian besar jam tangan pintar bertahan setidaknya satu atau setengah hari, meskipun itu bergantung pada intensitas penggunaan. Masa pakai baterai seringkali cukup baik untuk memakai jam tangan di malam hari, sehingga Anda dapat melacak pola tidur Anda. Dengan opsi hemat daya, Anda biasanya dapat mematikan baterai mati sebentar, meskipun Anda akan kehilangan beberapa fungsi untuk sementara.

READ  Gaston Salassiwa bergabung dengan DVS'33 Ermelo

Pelacak aktivitas benar-benar tentang olahraga

Jika jam tangan pintar multifungsi, pelacak aktivitas berfokus pada olahraga dan kesehatan. Terdapat berbagai sensor untuk memantau kesehatan Anda, seperti pedometer dan monitor detak jantung. Beberapa model memiliki GPS bawaan untuk merekam rute Anda secara akurat. Anda tidak perlu mengisi daya jenis perangkat yang dapat dipakai seperti jam tangan pintar. Beberapa model bertahan selama seminggu, yang lain selama sebulan atau lebih.

Pelacak aktivitas biasanya memiliki layar persegi panjang yang sempit. Meski ada varian tanpa layar yang mengirimkan informasi ke aplikasi di ponsel cerdas Anda. Karena layar yang lebih kecil, pelacak kebugaran menampilkan lebih sedikit informasi daripada gambar itu sendiri. Informasi lebih rinci dapat ditemukan di aplikasi smartphone. Desain keseluruhan kurang seperti jam tangan tradisional. Desain yang ringkas harus memastikan bahwa Anda hampir tidak menyadari bahwa Anda memakainya dan tidak menghalangi Anda selama latihan atau sesi lari.

Ada juga banyak opsi penyesuaian untuk pelacak aktivitas, seperti opsi warna dan tali yang berbeda. Beberapa pelacak aktivitas juga menawarkan beberapa fitur jam tangan pintar, seperti kemampuan untuk melihat pesan dan panggilan masuk dari ponsel Anda. Namun, membalas atau benar-benar menjawab panggilan telepon seringkali tidak memungkinkan. Artinya, Anda masih harus mengeluarkan ponsel dari tas atau saku untuk menjawab.

Mana yang tepat untuk saya?

Apakah tujuan utama Anda untuk mendapatkan wawasan tentang gaya hidup Anda atau Anda ingin memantau aktivitas kebugaran dan kesehatan Anda dengan perangkat yang dapat dikenakan? Karenanya pelacak aktivitas atau pelacak kebugaran patut dipertimbangkan. Data terukur dapat dilihat di ponsel cerdas Anda dan kemungkinan besar Anda tidak akan melewatkan pemberitahuan apa pun dari ponsel Anda. Selain itu, perangkat ini tersembunyi, dan Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda sedang memakainya.

READ  "Saya tidak pernah memaksa siapa pun untuk divaksinasi."

Namun, jika Anda ingin menyimpan ponsel cerdas Anda sebanyak mungkin di tas atau saku dan mengontrol hampir semua hal dari pergelangan tangan Anda, jam tangan pintar adalah pilihan terbaik untuk Anda. Kontrol musik Anda, baca dan balas pesan, lakukan panggilan telepon, kontrol kamera ponsel Anda dari jarak jauh, dan sementara itu pantau kesehatan Anda.

Satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda memilih perangkat yang dapat dikenakan yang tepat untuk perangkat Anda. Jam tangan pintar Android umumnya berfungsi di semua perangkat Android (Apple Watch hanya berfungsi dengan iPhone), tetapi Anda mungkin kehilangan beberapa fitur jika menggunakannya dengan ponsel dari merek lain.