BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mahasiswa RSM melakukan pekerjaan konsultasi dan penelitian di Indonesia

Mahasiswa RSM melakukan pekerjaan konsultasi dan penelitian di Indonesia

Pada musim panas 2018, sekitar 25 mahasiswa terbaik dari Erasmus University Rotterdam akan melakukan perjalanan ke Indonesia sebagai bagian dari proyek konsultasi Erasmus. Tujuan: Untuk melakukan pekerjaan konsultasi dan penelitian untuk perusahaan-perusahaan Belanda.

Erasmus Consulting Project (ECP) adalah inisiatif dari STAR Studies Association, bagian dari Rotterdam School of Management, Universitas Erasmus. Tujuan utama ECP adalah memberikan saran yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan – mulai dari perusahaan multinasional hingga UKM dan start-up – mengenai Indonesia. Selama 30 tahun terakhir, ECP telah bekerja dengan lebih dari 200 perusahaan, melakukan penelitian di beberapa pasar negara berkembang termasuk Brasil, Chili, dan Kolombia.Malaysia, Afrika Selatan dan Thailand.

“Riset pasar sering kali menjadi langkah pertama dalam keberhasilan ekspansi ke luar negeri. Namun, perusahaan sering kali tidak mempunyai cukup waktu, keahlian, atau tenaga untuk melakukan riset ini sendiri,” kata Amber Ruigrock, Anggota Dewan Penasihat Proyek Erasmus dengan ini.”

tim

25 siswa terbaik yang menjadi bagian dari program ECP setiap tahun dipilih dari sejumlah besar siswa di perguruan tinggi. Proyek ini sering dipandang sebagai batu loncatan yang ideal untuk berkarir di dunia konsultasi, sebuah industri yang populer di kalangan pelajar Adalah memulai karir di. “Mahasiswa konsultan sering kali menganggap ini sebagai pengalaman pembelajaran terakhir sebelum mereka mulai bekerja di perusahaan konsultan besar,” jelas Ruigrock.

RSM adalah tempat berkembang biak utama bagi talenta konsultan, misalnya, analisis database alumni RSM menunjukkan bahwa mantan mahasiswa bekerja untuk nama-nama besar di industri, termasuk perusahaan konsultan strategi McKinsey & Company.Payne & PerusahaanGrup Konsultasi Boston (BCG) dan AT Kearneyaksen Empat Besar (DeloittesetiapPricewaterhouseCoopers Dan KPMG).

READ  Pakaian anak-anaknya dari Indonesia dipajang di Rijksmuseum: "Saya ingat bau kekerasan: keringat dan air seni"

Bagi perusahaan, kolaborasi dapat menjadi cara yang efektif dan hemat biaya untuk mengkaji kemungkinan ekspansi internasional, misalnya. Tahun ini fokusnya adalah pada Indonesia, yang dengan jumlah penduduk lebih dari 261 juta jiwa, merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan dengan demikian menawarkan pasar yang sangat besar. Selain itu, perekonomian negara Asia Tenggara tumbuh pesat. Bagi Belanda, negara ini memiliki ciri ekonomi yang khas karena adanya hubungan sejarah dengan negara tersebut. Oleh karena itu, bukan suatu kebetulan jika Komisi Eropa melakukan perjalanan ke negara tersebut untuk kedua kalinya pada tahun ini, setelah kunjungan sebelumnya pada tahun 1989.

“Perbaikan yang kuat dalam peraturan bisnis yang merangsang Investasi Asing Langsung, pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan peringkat dalam indeks Kemudahan Berbisnis Bank Dunia menjadikan Indonesia menarik untuk ekspansi internasional saat ini,” jelas Ruigrock.

Nilai ditambahkan

Mengenai nilai tambah dari perusahaan yang berpartisipasi, beliau mengatakan: “Melalui wawasan yang diperoleh, perusahaan dapat mengambil langkah selanjutnya seperti membuka kantor internasional atau mengekspor produk dan layanan.” Pertanyaan penelitian disiapkan bekerja sama dengan organisasi yang berpartisipasi, dan dijelaskan secara lebih rinci, untuk memastikan bahwa jumlah maksimum dapat diambil dari abstrak. Langkah-langkah yang dapat dilakukan konsultan antara lain melakukan analisis persaingan, analisis rantai nilai, dan juga cara terbaik bagi perusahaan untuk memasuki pasar (“analisis masuk pasar”) – “hal ini bergantung pada keinginan perusahaan.” Untuk menjamin penjaminan mutu, penelitian ini didukung oleh dua orang profesor dari Erasmus University.

Tim ECP saat ini sedang dalam tahap menarik perusahaan-perusahaan yang ingin berkomitmen pada proyek tersebut. Ruigrock: “Empat bulan kemudian, pasar Indonesia Setelah mempelajari industri dan budaya (perusahaan) yang menarik, proyek konsultasi Erasmus kini mencari perusahaan untuk melakukan penelitian. Ketika ditanya perusahaan apa saja yang menarik untuk bergabung, Ruijrock berkata: “Ada banyak sektor yang diminati perusahaan Belanda. Dalam bidang kesehatan, Anda melihat bahwa semakin banyak rumah sakit khusus menciptakan lebih banyak permintaan akan sumber daya, mesin, dan inovasi sektor ini.Pasar Selain itu, ada aturan baru bahwa setiap penduduk Indonesia wajib memiliki asuransi kesehatan pada tahun 2019.

READ  Duta Besar Rusia: Putin berniat hadiri KTT G20

Bidang lain di mana terdapat banyak peluang antara Belanda dan Indonesia adalah infrastruktur. “Pemerintah Indonesia memiliki rencana pertumbuhan di bidang infrastruktur, seperti lebih banyak bandara, pelabuhan, jalan raya, dan jembatan untuk memastikan peningkatan aksesibilitas dan memfasilitasi kerja sama dengan mitra lokal dengan lebih baik,” kata Ruigrock. Banyak sekali contoh industri menarik yang telah kami teliti.

Ruigrock menyimpulkan dengan mengundang perusahaan-perusahaan yang mempertimbangkan perdagangan di/dengan Indonesia: “Perusahaan yang tertarik untuk berekspansi ke Indonesia, atau saat ini aktif di negara ini tetapi perlu meningkatkan operasi mereka di Indonesia, dapat menghubungi kami – kami menawarkan saran yang dipersonalisasi kepada mereka.”