BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan direktur Louvre yang diduga melakukan pencurian seni ditangkap |  Luar negeri

Mantan direktur Louvre yang diduga melakukan pencurian seni ditangkap | Luar negeri

Mantan direktur Louvre, Jean-Luc Martinez, selanjutnya terjebak dengan tuduhan penipuan dan pencurian karya seni yang meluas. Kementerian Kebudayaan Prancis mengumumkan, pada hari Jumat, bahwa ia tidak lagi diizinkan untuk menampilkan karyanya sebagai wajah “perang melawan seni dunia yang dijarah.”

Ini adalah babak baru dalam kisah pencurian barang antik Mesir yang meluas, di mana Martinez, mantan kepala Louvre, memainkan peran penting. Dia adalah direktur Louvre dari 2013 hingga tahun lalu. Tuduhan tersebut terkait dengan pembelian oleh cabang Louvre di Abu Dhabi, di mana emirat membeli karya seni bernilai jutaan. Pengadilan Prancis telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan perdagangan barang antik Mesir.

Pada 2016, €15 juta dengan mudah diletakkan di atas meja untuk pembelian lima harta seni Mesir paling bergengsi. Ini termasuk ribuan tahun dan prasasti makam besar firaun Tutankhamun.

Lonceng alarm berbunyi di antara para spesialis karena ada keraguan tentang asal usul seni. Pengadilan Prancis memutuskan untuk membuka penyelidikan. Diduga bahwa lima harta seni Mesir telah dicuri selama Musim Semi Arab dan kemudian dijual, berakhir di dinding di Louvre Abu Dhabi.

tutup matamu

Jean-Luc Martinez telah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dia akan tahu, antara lain, bahwa batu nisan Tutankhamun telah dicuri, tetapi dia akan menutup mata.

Dia secara resmi dicurigai “penipuan dalam konteks terorganisir dan pencucian uang barang yang timbul dari kejahatan”. Dia tidak harus masuk penjara, tetapi telah ditempatkan di bawah pengawasan peradilan. Dua spesialis yang bekerja dengannya juga didakwa.

Martinez membantah semua tuduhan. Dia bekerja untuk pemerintah Prancis setelah absen di Louvre tahun lalu, termasuk sebagai duta kerja sama internasional untuk Situs Warisan Dunia. Dia juga menganjurkan memerangi seni yang dijarah. Dia sekarang telah dibebaskan dari posisi ini.

READ  Penembak klub gay Amerika Serikat didakwa dengan lima tuduhan pembunuhan | Luar negeri