BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menunggu untuk turun

“Saya baru saja menyelesaikan tahun kelima studi kedokteran ketika saya melakukan perjalanan ke Indonesia. Terutama pada tahun-tahun pertama studi saya, saya sangat terlibat dalam kehidupan mahasiswa. Saya akan keluar di malam hari dengan teman-teman, saya adalah anggota dari asosiasi siswa dan saya tinggal di rumah siswa yang ramai. Itu sangat manis: kami seperti saudara perempuan dan melakukan semuanya bersama. Saya begitu “hidup” sehingga hal-hal lain, seperti olahraga, tersingkir.

Ketika saya pindah ke rumah yang lebih tenang dan memiliki lebih banyak waktu untuk diri saya sendiri, saya berpikir: Sudah waktunya untuk menjadi bugar, daripada terjebak dalam kehidupan siswa yang tidak sehat. Kemudian saya mulai berlari tiga kali seminggu dan melakukan pompa tubuh. Ketika tahap terakhir studi saya tiba, saya ingin mendapatkan pengalaman di rumah sakit asing untuk melihat bagaimana dunia medis berkembang di sana. Setelah masa pelatihan saya, saya akan pergi backpacking untuk sementara waktu.

Asia menarik saya, saya pikir akan keren menemukan Indonesia dan pergi ke berbagai pulau. Saya menemukan rumah sakit di Bali tempat saya bisa bekerja. Perawatan kesehatan di sana sangat berbeda dengan Belanda: orang datang pada stadium lanjut penyakit mereka dan sebagai dokter sumber daya Anda terbatas, yang membuat Anda lebih kreatif. Di pagi hari saya mengendarai sepeda motor ke rumah sakit, dan di sore hari saya pergi ke pantai atau keluar untuk menjelajahi pulau dan bertemu dengan pekerja magang lainnya. Setelah magang saya selesai, saya masih punya waktu dua bulan untuk berkeliling dan saya memutuskan untuk naik perahu ke Lombok dan ke Kepulauan Gili untuk mendapatkan lisensi menyelam saya di sana.

READ  Halsema mengundurkan diri dari perannya sebagai pembicara pada Upacara Peringatan Hindia Belanda di Amsterdam

Harapan saya untuk perjalanan ini terpenuhi: sangat indah. Itu juga merupakan kesempatan unik untuk menemukan dunia dengan cara ini. dan saya sendiri. Saya belajar untuk mengelola di negara lain, berhubungan dengan budaya yang berbeda, bertemu dengan semua jenis orang baik, dan benar-benar menikmati kebebasan.”

“Seminggu sebelum perjalanan kami kembali ke Belanda, saya mendengar Anda bisa menyelam dengan sangat baik di Flores. Keren kan melakukan snorkeling yang bagus di sana? Saya memesan perjalanan perahu selama empat hari dari Lombok ke Komodo melalui kantor pariwisata setempat. Kami sedang menjelajahi beberapa pulau.” Dan kadang-kadang kami berhenti untuk berenang. Sekitar dua puluh penumpang lainnya sudah pergi. Saya suka pesta backpacker dengan musik, minum bir, dan berpesta. Tapi saya melihat ada beberapa orang tua dalam kelompok itu. , sekitar enam puluh.

Perahu itu tampak oke, bukan kapal pesiar, tapi jauh lebih baik daripada perahu reyot di sekitar kami. Selain itu, saya hanya membayar seratus lima puluh euro untuk itu, jadi saya tidak mengharapkan kemewahan. Itu adalah perahu kayu putih yang panjangnya sekitar delapan puluh kaki. Kami duduk di bangku di lantai bawah, tempat Anda juga bisa berjemur. Tikar kami ada di lantai atas, tempat kami tidur. Jam-jam pertama menyenangkan, kami mengobrol, saling mengenal. Sangat santai, dengan bikini di dek dan menikmati pulau-pulau indah yang kami lewati.”

“Tetapi pada hari pertama itu sendiri ada yang tidak beres, tepat setelah makan malam. Sekitar pukul tujuh malam kami mendengar ledakan, dan diam. Perahu kandas di karang. Semua orang di sekitar saya bereaksi singkat dan dengan tawa, tapi saya pikir : Aneh sekali. Bagaimana bisa?” Kami berlayar di atas karang di tengah laut? Saya tidak terlalu mempercayainya dan mendapatkan jaket pelampung, yang saya simpan untuk berjaga-jaga. Para kru pergi untuk memeriksanya keluar, tapi sepertinya tidak ada yang salah.

READ  Tim Belanda bermain untuk Dana Olahraga dan Kebudayaan Pemuda di musim gugur

Kami adalah kapal ketiga dalam kelompok empat orang dan meluncurkan salah satu kapal lainnya. Satu jam kemudian kami bisa berlayar lagi. Saya mencoba untuk tertidur, tetapi saya hampir tidak tertidur. Mesinnya meraung keras dan setelah beberapa jam tidur saya mabuk laut dan muntah. Jadi saya tidak merasa sangat fit keesokan paginya. Saya tersandung dari perahu untuk mengunjungi sebuah pulau, lalu dengan cepat kembali ke pantai untuk berbaring lagi dan melepaskan diri dari gelombang laut itu. Masih merasa mual, saya melewatkan makan malam. Kerupuk yang saya dapatkan dari pemandu sedikit membantu menenangkan perut saya. Aku ingin tidur lebih awal, karena kami harus berlayar delapan belas jam di laut lepas sebelum sampai ke pulau berikutnya.

Tapi tidur itu sulit. Laut bergolak, ombaknya tinggi. Orang lain juga mulai meludah. Kami meminta kapten untuk sedikit melambat. Bunyi perahu, dan ombak yang tinggi, dan kapal yang mondar-mandir, dan keributan di antara para penumpang: sangat menakutkan. Saya memakai jaket pelampung. Seorang Spanyol mencoba meyakinkan saya. Dia berkata, “Cobalah untuk tidur, hanya itu yang bisa kami lakukan.” Sekitar pukul sebelas malam, tiba-tiba menjadi sangat sunyi dan tenang. Ada saat lega, sampai setelah tiga puluh detik mesin mati dan pemandu berkata, “Semua orang memakai jaket pelampung Anda. Ada lubang di perahu, dan airnya mengalir masuk.”

Baca selanjutnya dari Real Life Comes In Flair 33-2023. Anda dapat membaca lebih banyak cerita semacam ini di Flair setiap minggu.