BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Noctua akan meluncurkan penerus NH-D15 dalam tiga versi berbeda dalam beberapa minggu – Komputer – Berita

Noctua akan merilis penerus pendingin NH-D15 dalam beberapa minggu mendatang. Produsen pendingin Austria mengonfirmasi hal ini pada pameran dagang Computex 2024 di Taiwan. Noctua akan merilis versi pertama kipas 140mm baru pada periode yang sama. Harga belum diketahui.

Noctua menyebut pendingin prosesor barunya sebagai NH-D15 G2. Perusahaan mengatakan telah melakukan beberapa perubahan. Radiatornya ada delapan Pipa panas bukannya enam. Serta jarak antar sirip pendingin Ukurannya menjadi lebih kecil, sehingga radiator memiliki permukaan pendingin dua puluh persen lebih besar. Namun, G2 memiliki desain asimetris dengan kedalaman yang lebih kecil dibandingkan NH-D15 biasa, sehingga membantu kompatibilitas memori.

Pendingin prosesor juga mendapat dua kipas 140mm baru, yang akan kita bahas lebih detail nanti di artikel ini. Masing-masing kipas ini bekerja dengan kecepatan berbeda. Kipas kanan di bagian “luar” pendingin berputar sedikit lebih cepat daripada kipas di “bagian dalam” heatsink. Menurut produsen pendingin, G2 menghasilkan suara pada frekuensi yang terdengar lebih menyenangkan dibandingkan saat kedua kipas bekerja pada kecepatan yang sama.

Menurut Noctua, performa pendinginnya juga lebih baik dibandingkan NH-D15 saat ini. Pada beban 250 watt, pendingin baru seharusnya mendinginkan 3,2°C lebih baik daripada pendingin lama. Perusahaan juga mengklaim bahwa NH-D15 sebelumnya berhasil mendinginkan alat penguji panas 460W hingga 60°C. G2 mampu mendinginkan alat penguji panas 620 watt ke suhu yang sama, menurut perusahaan.

Noctua NH-D15 G2

NH-D15 G2 juga akan tersedia untuk pertama kalinya dalam tiga versi berbeda: “Edisi Standar”, varian HBC yang khusus didedikasikan untuk CPU Intel LGA-1700, dan model LBC yang dioptimalkan untuk soket AMD AM5. Perusahaan beralasan demikian Dispenser panas Kedua pembuat CPU ini berbeda satu sama lain. Prosesor AMD relatif datar, sedangkan prosesor Intel LGA-1700 agak terlalu kuat.

READ  Pratinjau Immortals of Aveum - Tweaker

Noctua memiliki varian LBC, atau Low Base Convexity, yang lebih datar sebuah pangkalan tersedia. Versi HBC, atau High Base Convexity, sedikit melengkung. Menurut produsen pendingin, ini memberikan kinerja pendinginan yang lebih baik untuk masing-masing platform AMD dan Intel. Model standar berada di tengah-tengah dan harus bekerja dengan baik pada semua platform yang berbeda. Oleh karena itu, varian ini memiliki basis yang mirip dengan pendingin Noctua lainnya.

Noctua NH-D15 G2
Sumber: Noctua

Pabrikan juga mengatakan bahwa mungkin ada perbedaan kinerja antara CPU yang berbeda dan metode instalasinya. Misalnya saja prosesor LGA-1700 yang belum digunakan di PC, masih memiliki jangkauan yang agak terbatas. Dalam hal ini, pengguna juga dapat memasang ring 1 mm di bawah rangka soket CPU. Hal ini seharusnya “secara signifikan” membatasi sejauh mana perubahan bentuk penyebar panas, sehingga sedikit membatasi keunggulan kinerja varian HBC. Sistem mesin cuci tidak disarankan bagi pengguna yang telah menggunakan CPU LGA-1700 selama beberapa waktu.

Pengguna AMD yang memiliki Busur perpindahan , yang menggerakkan pendingin sedikit lebih rendah untuk membuat kontak yang lebih baik dengan titik kontak prosesor, juga akan melihat lebih sedikit perbedaan antara varian G2, klaim Noctua. Pabrikan pendingin tersebut telah membagikan klaim performa untuk ketiga varian G2 yang dipasang pada prosesor berbeda. Di AMD, varian berbeda diuji dengan dan tanpa perpindahan busur. Untuk Intel, Noctua menerbitkan angka untuk prosesor baru dan bekas dengan dan tanpa cincin 1mm.

Sumber: Noctua

Menurut Noctua, G2 akan muncul di toko pada bulan Juni, meskipun tanggal rilis spesifiknya belum diumumkan. Perusahaan juga tidak menyebutkan harga eceran yang disarankan di Computex. Seorang juru bicara mengatakan kepada Noctua Tweakers bahwa mereka sedang mengerjakan versi chromex.black dari NH-D15 G2. Perusahaan harus terlebih dahulu menyelesaikan versi hitam untuk penggemar barunya. Setelah ini selesai, cairan pendingin hitam akan segera muncul setelahnya. Perusahaan memperkirakan hal ini tidak akan terjadi “sebelum kuartal kedua tahun 2025,” tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang kemungkinan tanggal rilis.

READ  Xiaomi 13 Ultra, tidak seperti pendahulunya, akan diluncurkan di seluruh dunia - Tablet & Ponsel - Berita

NF-A14x25 mendapat generasi baru dengan aliran udara lebih tinggi

Noctua juga akan segera merilis versi pertama dari kipas NF-A14x25 G2 miliknya. Perusahaan sebelumnya memamerkannya pada Computex 2023, namun sebenarnya akan meluncurkannya ke pasar pada bulan Juni. Menurut Noctua, kipas memberikan aliran udara yang lebih baik dan tekanan statis yang lebih tinggi.

Selain itu, baling-baling sedang diproduksi untuk pertama kalinya Polimer kristal cair Toleransi produksi lebih rendah, seperti yang dinyatakan sebelumnya oleh pabrikan, itulah sebabnya bilah kipas lebih dekat ke rangka kipas. Bilah kipas juga sedikit melengkung, sehingga meningkatkan efisiensi.

Noctua telah mengerjakan kipas 140mm generasi baru selama bertahun-tahun. Perusahaan sebelumnya mengalami kesalahan produksi kecil yang dapat menyebabkan kipas sedikit bengkok pada lubang sekrup setelah digunakan selama bertahun-tahun. Perusahaan kini telah mengatasi permasalahan tersebut, antara lain dengan memperkuat sudut kipas dan tipe baru pin Yang memberi lebih sedikit tekanan pada kipas angin.

Kipas NF-A14x25 G2 akan diluncurkan secara bertahap. Versi melingkar, yang digunakan pada pendingin CPU seperti NH-D15 G2 baru, akan dirilis bulan ini. Pabrikan berharap bisa meluncurkan model “persegi” yang sering digunakan sebagai kipas atau fan pada pendingin air AIO, misalnya pada bulan September. Versi hitam dari NF-A14x25 G2 juga sedang dikembangkan, namun baru akan dirilis tahun depan.

Noctua NF-A14x25 G2 di Computex 2024