BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pratinjau TV Mini LED Hisense 110UX dan TCL X955Max 115 inci

Pratinjau TV Mini LED Hisense 110UX dan TCL X955Max 115 inci

Pertumbuhan layar TV sepertinya tidak ada habisnya, dengan sorotan terkini adalah TV baru berukuran 110 dan 115 inci yang dipamerkan oleh Hisense dan TCL di CES. 115 inci berarti diagonal layar 2,92 meter. Apakah itu sulit untuk dibayangkan? Untuk menambah kenyamanan, pertimbangkan empat TV 55 inci, yang digabungkan menjadi satu layar besar. Bukan hanya ukuran TV baru, tetapi kecerahan layar juga menetapkan standar baru. Namun, kedua pabrikan menggunakan teknologi berbeda untuk mencapainya.

Hisense memamerkan beberapa model TV baru untuk pasar AS di CES, dan TV Eropa kemungkinan akan diumumkan pada bulan Maret. Kita tahu ada satu TV yang pasti akan masuk ke pasar Eropa: 110UX baru.

Hisense 110UX

Seri UX berisi model teratas Hisense dan 110UX adalah TV terbesar di kisaran 110 inci. Hisense menampilkan TV di CES dalam dua versi berbeda, dengan dan tanpa perabot yang dilengkapi sistem speaker jangkauan luas. Versi tanpa furnitur ini memiliki speaker di bagian tepi TV, yang membuat bingkai versi ini terlihat sedikit berbeda. Belum jelas versi mana yang akan hadir di Eropa. Dari segi gambar, kedua opsi harus sama.

Hisense 110UX dengan furnitur audio

Spesifikasi 110UX tidak berbohong. TVnya menggunakan billboard yang berteknologi IPS. Sejauh yang saya bisa menilai di lantai pertunjukan, layarnya memiliki sudut pandang yang sangat bagus, sebuah fitur dari teknologi layar periklanan yang digunakan. Namun, sama seperti IPS, ADS tidak memiliki tingkat hitam terbaik, sehingga kontras asli panelnya mungkin tidak sebaik tampilan VA. Hisense telah menghadirkan solusi untuk masalah ini: 110UX dilengkapi dengan tidak kurang dari 40.000 zona peredupan lokal, untuk memungkinkan peredupan yang sangat presisi. Kami tidak tahu bagaimana area ini dibagi, namun dengan asumsi tata letak persegi, area tersebut akan menyertakan grid sekitar 267 x 150 LED. Oleh karena itu, ukuran masing-masing kelompok akan menjadi sekitar 0,91 x 0,91 cm, yang menunjukkan seberapa tepat peredupan layar ini.


Tampilan jarak dekat dari papan reklame Hisense 110UX

Di lantai galeri, di bawah cahaya terang, sulit untuk memahami betapa sulitnya TV berjuang untuk mekar, tetapi hanya dalam kondisi ekstrem, dengan elemen serba putih dengan latar belakang hitam, saya dapat melihatnya dalam batas terbatas. Sangat masuk akal jika beberapa bunga akan terlihat, karena TV disetel ke mode HDR “dinamis” di mana semua warna dan kecerahan dibuka sepenuhnya. Dalam kasus 110UX, ini berarti kecerahan puncak yang diklaim setidaknya 10.000 cd/m22. Hisense belum mengatakan secara pasti dalam kondisi apa TV akan mencapai hal ini, tetapi tidak diragukan lagi ini akan menampilkan area putih yang relatif kecil dengan latar belakang hitam, pada suhu warna asli layar. Saat ini kami tidak mengetahui apa artinya kecerahan layar penuh dan keluaran cahaya maksimum dalam mode film dengan suhu warna yang lebih hangat. Namun gambar demo di galeri dengan jelas menunjukkan bahwa TV ini memang sangat terang, meskipun sebagian besar layarnya terang benderang.

READ  Sonos memperkenalkan speaker baru dengan suara yang datang dari semua sisi | Teknik

Hisense 110UX, dalam versi tanpa furnitur audio

Jika Anda bertanya-tanya apa sebenarnya arti 10.000 cd/m22 Anda punya: Dalam mode SDR tidak ada, karena akan terlalu terang untuk hampir semua skenario. Namun untuk materi HDR yang beroperasi pada nilai kecerahan tetap dan konten Dolby Vision mencapai 10.000 cd/m2 Secara teori, ini bisa menjadi TV pertama yang dapat menampilkan outlier seperti itu tanpa mengatur nadanya. Kami tidak mengetahui berapa konsumsi daya TV tersebut, namun kami mengetahui bahwa TV tersebut dilengkapi dengan pendingin aktif, yang menunjukkan bahwa tampilan ini pasti tidak akan mendapat nilai tinggi dalam hal peringkat energi.

Belum diketahui secara pasti kapan 110UX akan dipasarkan, namun menurut Hisense Belanda akan hadir pada paruh kedua tahun ini. Harganya belum final, tapi kita tahu TV tersebut kemungkinan akan berharga lebih dari 20 ribu euro.

TCL X955 Maks

TCL menunjukkan bahwa itu bisa menjadi sedikit lebih besar, karena X955 Max memiliki diagonal minimal 115 inci. Berbeda dengan Hisense TV, TV ini sudah dijual, setidaknya di China. TCL mengatakan kini juga akan memasarkan TV tersebut di Amerika dan Eropa. Di Amerika, TV tersebut memiliki nomor tipe QM891G. Bagi kami di Eropa ini adalah X955 Max.

TCL 115
TCL 115 inci X955 Maks

X955 Max adalah TV terbesar di seri X955, yang juga mencakup model 85 inci dan 98 inci. Saya baru-baru ini bepergian ke TCL di Polandia dan melakukan sesi pengujian langsung dengan TV X955 98 inci. Ini adalah TV 98 inci dengan kecerahan maksimum terukur sebenarnya sekitar 5000cd/m22 Dan panel VA dengan 5000 zona peredupan memberikan kesan yang baik. Model baru 115 inci melangkah lebih jauh. TCL mengklaim kecerahan yang sama, yakni 5000cd/m22, namun jumlah zona peredupan meningkat empat kali lipat menjadi 20.000, sehingga berjumlah sekitar 189 x 106 zona, dengan ukuran masing-masing zona 1,35 x 1,35 cm. Nilai-nilai ini mungkin agak lemah dibandingkan dengan area berbutir halus 40.000 dan 10.000 cd/m2 daripada Hisense 110UX, tapi itu sedikit lebih akurat.

READ  Panduan Pembelian Terbaik untuk Komputer Desktop - Tweaker

Misalnya, berdasarkan pengukuran kami terhadap versi 98 inci, kami mengetahui bahwa TV TCL sebenarnya mencapai kecerahan yang diklaim dalam Mode Gambar Akurat dengan titik putih D65, bukan titik putih asli panel. Keuntungan potensial lainnya dari TCL adalah berkurangnya jumlah zona peredupan yang dapat dikompensasi sebagian.

TCL TV juga tampak mengesankan di etalase. Sama seperti Hisense 110UX, TV ini juga sangat terang dan layarnya menunjukkan tingkat hitam yang sangat bagus. Setidaknya, jika dilihat langsung dari depan: Titik lemah VA adalah kualitas sudut pandangnya lebih rendah. Jika dilihat dari samping, terlihat beberapa bunga di beberapa foto. Namun, perbandingan yang adil tidak dapat dibuat dengan Hisense TV karena keduanya menampilkan konten yang berbeda dan TV-nya jelas tidak bersebelahan. TCL menampilkan gambar video TV dengan objek yang sangat terang dengan latar belakang hitam gelap. Ini adalah materi beta normal untuk TV OLED dan skenario terburuk untuk layar LCD, tetapi X955 Max lulus pengujian ini pada pandangan pertama dengan sangat baik.

Harga X955 Max di Eropa belum ditentukan, namun kami memahami bahwa harganya kemungkinan antara 15.000 dan 20.000 euro. Hal ini membuat model 115 inci ini jauh lebih mahal dibandingkan model 98 inci, yang dibanderol dengan harga €8.000.

siapa yang mau ini?

Pertanyaannya tentu saja: Siapa yang akan membeli TV ini? Bagi sebagian besar dari kita, rasanya gila memiliki layar sebesar itu di rumah, namun pada saat yang sama produsen TV melihat bahwa pasar untuk ukuran layar yang sangat besar berkembang pesat. Gambaran besarnya memberikan dampak yang besar, dan dengan harga yang terus turun, permintaan akan TV berukuran besar diperkirakan akan meningkat. Raksasa dari Hisense dan TCL ini diperkirakan tidak akan langsung menjadi buku terlaris mengingat harganya yang tinggi, tetapi TV ini menunjukkan arah pergerakan pasar di tahun-tahun mendatang.

READ  Spotify menghapus fungsi "tampilan mobil" dari aplikasi seluler - tablet dan ponsel - berita