BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sagrada Familia benar-benar akan segera berakhir: “Gaudi akan berguling di kuburan”

Untuk sorak-sorai, bintang Natal seberat lima ton itu dinyalakan di Sagrada Familia minggu ini. Ini adalah tanda lain bahwa pembangunan mahakarya terkenal di dunia oleh arsitek Antoni Gaudí membuat kemajuan nyata.

Sebagian besar penduduk Barcelona, ​​​​yang tumbuh dengan katedral yang sedang dibangun, dengan sabar menunggu.

Pintu masuk utama yang besar

Namun tidak demikian dengan Salvador Barroso dan beberapa ribu penduduk lainnya. Selama tiga puluh tahun, Barroso tinggal di sebelah Sagrada Familia. Dari balkonnya dia hampir bisa menyentuh bangunan raksasa itu. Tapi sekarang pekerjaan telah memasuki tahap akhir, dan raksasa harus selesai dalam sepuluh tahun, dia tidak yakin apakah dia dapat terus tinggal di sini di masa depan.

“Sekarang mereka ingin membangun tangga besar di depan pintu masuk utama. Jika itu terjadi, 3.000 penduduk setempat, termasuk saya, akan turun ke jalan,” kata Barroso melalui telepon. Pintu masuk utama yang direncanakan ke Sagrada Familia melewati langsung dua blok besar rumah yang dipenuhi dengan toko-toko dan townhouse.

Coklat di antara kambing yang merumput

Menurut Barroso, tidak sepenuhnya jelas apakah ini akan berlanjut dan apa yang harus terjadi pada penduduk. Seperti yang dia katakan, itu mewakili sembilan puluh persen dari populasi yang bersangkutan yang rumahnya terletak di lereng dengan asosiasi penduduk. “Kotamadya dan Sagrada Familia diam. Kami telah pergi ke pengadilan.”

Ketika pembangunan Sagrada Familia dimulai pada tahun 1883 di bawah kepemimpinan Gaudí, Barcelona bukanlah ibu kota seperti sekarang ini. Faktanya, batu fondasi gereja diletakkan di antara kambing yang merumput. Sementara itu, Barcelona – kota terbesar kedua di Spanyol dengan populasi 1,6 juta – telah tumbuh dari lapisannya. Sagrada dikelilingi oleh blok apartemen besar.

READ  Tiga hukuman lagi untuk rencana gubernur Michigan | Saat ini

Gaudi akan berbalik di kuburan

Bukan hanya Barcelona, ​​​​rencana bangunan Sagrada Familia sering berubah dalam hampir satu setengah abad pembangunan. Karena Gaudí tidak memiliki rencana tertulis untuk basilika, terjadi perdebatan sengit antara pendukung dan penentang mengenai apakah Sagrada Familia telah menjadi arsitek yang pernah ia bayangkan.

Barroso, misalnya, berpikir bahwa bintang Natal yang besar, seperti bangunan lainnya, itu mengerikan: “Sepertinya kue pesta. Karakter-karakter di gereja tampaknya datang langsung dari Star Wars. Jika Gaudi hidup kembali dia akan mati jika dia melihat ini,” kata Barroso. “Pintu masuk utama juga bukan yang diinginkan Gaudi.”

Perusahaan jutaan dolar

Terlepas dari kritik, Sagrada Familia adalah salah satu tempat wisata utama Spanyol. Ini menghasilkan jutaan.

Sebelum pandemi Corona, ribuan pengunjung membayar 15 euro sehari untuk tiket ke katedral yang terkenal di dunia. Ini menghasilkan Sagrada pada 2019 senilai € 100 juta lagi.

Namun pada Corona 2020, hanya 12.000 pengunjung yang datang ke kampus. Dan meskipun gereja telah membuka kembali pintunya untuk umum sejak akhir Mei, kerugian telah mencapai puluhan juta tahun ini.

turis

Jadi, bukan kebetulan bahwa bintang Natal Sagrada Familia bersinar dengan banyak drum minggu ini, pikir Juan Etxo, presiden asosiasi penduduk lain. “Mereka mencoba menarik lebih banyak turis dengan ini, sementara kami hanya ingin sedikit,” katanya.

Itxaso berharap setelah pandemi dia tidak akan sesibuk dulu di sekitar Sagrada. Dia juga ingin membatalkan rencana pintu masuk utama. Jika itu terjadi, Barroso dan penduduk setempat lainnya mungkin bersedia untuk pergi jika ada rencana kompensasi yang baik. Tapi misteri yang sekarang menyelimuti rencana tersebut membuat Itsasu dan Barusu menjadi gila.

READ  Trump Menjanjikan Bantuan: Membawa Partai Republik Kembali Berkuasa | di luar negeri