BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sektor energi matahari dan angin ingin tumbuh tanpa merusak hutan dan alam

Sektor energi matahari dan angin ingin tumbuh tanpa merusak hutan dan alam

Secara keseluruhan, 33 perusahaan tenaga surya dan angin, asosiasi industri, pemerintah Belanda, lembaga pengetahuan, LSM dan serikat pekerja telah bergabung dengan menteri. Robert Jet
iklim dan energi Piagam ICSR
Ditandatangani untuk sektor energi terbarukan. Mereka akan bekerja sama untuk membuat rantai internasional lebih berkelanjutan dan ingin bersama-sama mengatasi dan mencegah pelanggaran hak asasi manusia dan kerusakan lingkungan. “Ini adalah langkah pertama ke arah yang benar. Ini adalah aliansi luas semua orang yang terlibat dalam energi matahari dan angin di Belanda,” kata Mark van der Waal, penasihat lingkungan dan mineral senior di organisasi konservasi alam IUCN NL, salah satu penandatangan . Dari sumber apa? Bagaimana Anda beroperasi mengingat peraturan? Jika kita ingin membuat ekonomi kita lebih hijau di sini, ekonomi di tempat lain harus lebih gelap.”

Kemenangan Besar

Penandatangan termasuk organisasi lingkungan dan alam, lembaga pengetahuan, kementerian, bank dan serikat pekerja, serta perusahaan besar seperti Shell, Vattenfall, Eneco, RWE, Siemens, Sunrock, Vestas, dan Solarfields. Semua pihak ini berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pemahaman di antara mereka sendiri dan berdialog satu sama lain. “Dengan cara ini Anda mendapatkan wawasan yang berbeda. Jika Anda dapat membuat penyesuaian kecil pada perusahaan besar, Anda benar-benar akan mendapat untung besar,” kata van der Waal. “Ada banyak orang yang bermaksud baik di perusahaan tersebut yang ingin melakukan pekerjaannya dengan baik. mungkin. .”

Diperlukan penambangan yang bertanggung jawab

Penambangan yang bertanggung jawab sangat penting agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama dalam beralih ke energi hijau seperti di masa lalu. Dalam beberapa dekade mendatang, semua turbin angin, panel surya, baterai, dan mobil listrik akan membutuhkan 3 miliar ton logam dan logam khusus di seluruh dunia, seperti litium, nikel, dan kobalt, serta bauksit dan tembaga. Ekstraksi melalui penambangan mengancam hutan, taman alam yang dilindungi, dan habitat hewan dan masyarakat adat di seluruh dunia, terutama di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Hal ini disertai dengan pelanggaran hak asasi manusia, seperti kerja paksa dan pekerja anak, kurangnya kebebasan berserikat, kondisi kerja yang tidak aman, dan eksploitasi. Pembangkang dan aktivis lingkungan telah terbunuh selama 10 tahun terakhir 1733 kali. Bank Dunia memperkirakan bahwa permintaan untuk komoditas ini akan tumbuh sebesar 500 persen hingga tahun 2050 dan memang demikian Prakarsa Penambangan Cerdas Iklim
Itu mulai mengurangi dampak penambangan terhadap iklim, lingkungan dan masyarakat.

READ  Menggunakan kembali plastik mengarah pada masa depan Indonesia yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih cerdas

Koalisi internasional

Rantai dari bahan mentah ke kincir angin atau panel surya rumit, internasional, dan seringkali tidak jelas. Untuk memperjelas masalah ini, IUCN NL, bersama dengan Natuur & Milieu, Stop Ecocide NL dan LSM lokal di Indonesia, Ghana dan Filipina, akan meluncurkan koalisi internasional baru pada bulan April dengan nama: minimum!.
Nama ini mengacu pada garis bawah yang menunjukkan di mana dan bagaimana penambangan dilakukan. Organisasi ingin melakukan transisi dari energi fosil ke energi terbarukan seadil mungkin, dengan potensi dampak negatif yang paling kecil terhadap manusia dan alam. “Penciptaan aliansi ini bukanlah kebetulan,” kata van der Waal. “Kami mencoba memberi makan para peserta piagam IMVO dan pemain lain di Belanda dan Uni Eropa dengan kasus-kasus praktis dan mengirimkan informasi tersebut ke mitra kami.”

Tembaga, nikel dan bauksit

Proyek ini awalnya berfokus pada pertambangan tembaga skala besar di Filipina, yang ditentang oleh masyarakat adat, dan pertambangan nikel, yang merusak hutan di Filipina. Indonesia
Itu mengancam penambangan bauksit di Ghana, yang juga mengarah pada penebangan hutan primer. Selain itu, proyek ini akan terlibat dalam penambangan laut dalam. minimum! Dia ingin memberikan suara kepada penduduk dan organisasi lokal yang mengadvokasi alam dan hak asasi manusia serta mengadvokasi dan mematuhi undang-undang dan peraturan pertambangan yang lebih ketat – termasuk zona larangan bepergian. Pengalaman dibagikan dengan pemerintah lokal dan internasional – dengan fokus khusus pada pembuat kebijakan Belanda dan Eropa, komunitas bisnis, lembaga keuangan, dan pengguna akhir. Ini cerita yang rumit. “Kami berusaha memastikan dampak di lapangan tidak terlalu jauh,” kata van der Waal. “Kami benar-benar menantikan keberlanjutan dalam jangka panjang, secara global.”

READ  Tahun Pemilu 2024: Ini adalah mata uang yang harus Anda perhatikan – pendapat Joost Dirks

Istilahnya lima tahun

Piagam IMVO berlaku selama lima tahun. Dengan berpartisipasi, perusahaan berkomitmen untuk menerapkan pedoman internasional dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam semua kegiatan mereka. Ini juga mempersiapkan mereka untuk undang-undang ICSR di masa depan. Kolaborasi ini didukung oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Ekonomi dan Iklim, organisasi sektoral, lembaga keuangan, dan kelompok kepentingan. Institusi pengetahuan yang berafiliasi, LSM, serikat pekerja dan SER akan mendukung perusahaan dengan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam implementasi ICSR.

Mengambil tanggung jawab

Menteri Çetin: “Energi terbarukan dari matahari dan angin telah mencapai kematangannya. Dengan ini datang tanggung jawab besar untuk menangani alam, hak asasi manusia, dan keanekaragaman hayati dengan baik dalam rantai dan dalam proses. Berdasarkan perjanjian ini, anak perusahaan dapat bekerja bersama-sama untuk memberikan wawasan yang lebih baik tentang poin-poin yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti. Ini adalah langkah pertama yang baik dan saya berharap untuk maju.”

kondisi kerja

Serikat pekerja yang berpartisipasi terutama mempertimbangkan kondisi kerja di industri pertambangan. Ellis Van Ark, Direktur CNV International: “Sangat bagus bahwa permintaan akan energi hijau meningkat begitu cepat, tetapi ini juga meningkatkan tekanan pada penambang di Amerika Latin dan Afrika. Mereka sering menerima kontrak sementara dan melakukan pekerjaan berat dan tidak aman dengan upah rendah.” upah Karena Kurangnya kebebasan berserikat Biasanya, pelanggaran sulit untuk ditangani.Dalam Kovenan, kami berkomitmen untuk mempromosikan kebebasan berserikat, sehingga karyawan di seluruh rantai dapat mengekspresikan diri.”

Baca juga: