The news is by your side.

34 Siswa Denpasar Terbang ke Jepang Presentasikan Penelitian, Ini Asal Sekolah Mereka

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Berbagai penelitian berhasil membawa 34 siswa di Denpasar ikut berkompetisi di Jepang. Hasil penelitian yang akan dilombakan dalam kompetisi tingkat internasional ini seperti rompi antipeluru dari bahan ramah lingkungan hingga obat antidepresi.

Sebanyak 34 siswa itu akan mengikuti Japan Design Invention Expo (JDIE) Tahun 2019 di Kota Tokyo, Jepang pada tanggal 13 hingga 23 Juni Mendatang. Mereka terbagi menjadi delapan kelompok dan akan menampilkan delapan produk penelitian.

Para siswa ini berasal dari SMPN 3 Denpasar, SMAN 2 Denpasar, SMAN 3 Denpasar serta Fakultas Pertanian Universitas Udayana dan tergabung dalam Forum Peneliti Remaja Kota Denpasar.

Pendamping Forum Peneliti Remaja Kota Denpasar, Wayan Ananta Wijaya mengatakan, JDIE 2019 ini sebagai ajang unjuk inovasi dan invensi melalui produk kreatif siswa. Tujuan dari kegiatan ini untuk pertukaran ide antar siswa lintas negara.

“Hasil akhir bukan menjadi tujuan utama, tapi pengalaman bagi anak- anak inilah yang dapat berguna bagi masa depan mereka,” kata dia, Rabu (12/5).

Sementara itu, Ketua tim Peneliti Remaja Kota Denpasar, Cok Istri Sintawati mengaku bangga ikut even ini. Pasalnya ia akan membawa nama Kota Denpasar dalam lomba penelitian tingkat internasional ini.

Ia menjelaskan, produk inovasi yang dibawa diantaranya berupa obat anti depresi, contoh bahan anti peluru, biofoam (serupa sterefoam namun ramah lingkungan).

“Beberapa dari kami baru pertama kali mengikuti ajang ini dan ada pula yang membawa penelitian lanjutan dari event yang sama tahun lalu,” kata dia. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.