BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perlindungan Eropa atas produk asal atau warisan yang khas

Sejak tahun 1993, Uni Eropa telah memiliki peraturan hukum untuk perlindungan produk pertanian dan hortikultura tradisional (teritorial). Ini dapat berupa Penetapan Asal yang Dilindungi (PDO), Indikasi Geografis yang Dilindungi (PGI) atau Jaminan Khusus Tradisional (TSG). RVO mengimplementasikan program untuk Belanda.

Untuk produk apa ini mungkin?
Sebagian besar produk pertanian dan bahan makanan memenuhi syarat untuk dilindungi: daging, susu, anggur, ikan, buah, pasta, dan biskuit. Contoh lain dari produk yang dapat didaftarkan meliputi:

  • PDO/PGI: Gusi dan resin alami, jerami, minyak atsiri, pasta mustard, jerami, gabus, cochineal, bunga dan tanaman hias, wol, buluh dan rami.
  • GTS: Makanan olahan, bir, coklat dan produk turunannya, roti, kue kering, kue, makanan ringan, biskuit dan makanan panggang lainnya, minuman berbahan dasar jus sayuran, pasta, garam.

Mengapa keamanan itu?
Sebagian besar produk Eropa yang diakui ditemukan di Italia, Prancis, dan Spanyol. Di Belanda, minat sejauh ini rendah. Mungkin ada hubungannya dengan tradisi kuliner kita? Ini: “Bersikaplah normal, kamu sudah bertingkah gila”, begitulah. Apakah orang Italia bangga dengan makanan mereka? Siapa bilang Namun, petani Belanda dan ahli hortikultura dengan produk (daerah) tertentu yang diproduksi dengan cara yang khas (secara historis) dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan. Misalnya koperasi.

Manfaat:

  • Produk Anda akan terlihat bagus dalam daftar kualitas itu.
  • kemungkinan menempatkan logo Eropa pada label; Ini memberi produk Anda sentuhan ekstra resmi ‘persetujuan Eropa’. Lihat logonya: Paket kualitas (europa.eu). Itu dihitung di seluruh dunia.
  • Perlindungan terhadap pemalsuan di negara/wilayah lain. Produk yang dilindungi mendapat perhatian khusus dalam perjanjian perdagangan UE dengan negara lain. Komisi Eropa sedang bernegosiasi dengan negara-negara seperti Australia, Cina, Meksiko, India, dan india mengenai masalah ini.
READ  Adopsi dari luar negeri akan segera diizinkan lagi: 'Ini memberi harapan untuk akhirnya memiliki bayi'

Kontra:

  • Menerapkan membutuhkan waktu dan uang. Anda akan segera memiliki beberapa tahun lagi.
  • Anda harus bergabung dengan badan sertifikasi, yang sudah termasuk biaya.
  • Jika Anda ingin mengubah spesifikasi produk nanti, Anda harus melalui proses otorisasi lagi.

Siapa yang sudah disetujui?
Komisi Eropa mengelola database dari semua catatan di eAmbrosia:

eAmbrosia (europa.eu).

Berikut ikhtisar 15 produk Belanda dengan Protected Origin (BOB), Protected Geographical Indication (PGI) atau Guaranteed Traditional Excellence (GTS):

https://www.rvo.nl/topics/market-ordering/protection-regional products/dutch-products-with-protection

Yang terkenal antara lain Westlandse Druif, Opperdoezer Ronde, Leidse Sleutelkaas, tetapi juga Stroopwafel. Tas Limburg (Belgia/Belanda) memiliki aplikasi untuk PGI: https://vilt.be/nl/nieuws/limburgse-vlaai-op-gelegen-van-erkenning-als-protected-geographical-indication?utm_medium=email&utm_campaign=Newsletter%20Vilt%20-%2018-11-m_2022 %20Vilt %20 %20-%2018-11-2022+CID_80d264932d3d4796b655524e6862119a&utm_source=Newsletter%20Vilt&utm_term=Baca%20 lebih lanjut

proses
Penting untuk menghubungi RVO terlebih dahulu untuk mengklarifikasi opsi: https://www.rvo.nl/onderwerpen/over-ons/contact.

Setelah file produk dibuat dengan semua informasi yang diperlukan, aplikasi dapat diluncurkan. Penilaian dilakukan oleh Komite Penasihat Indikasi Geografis, Asal dan Keistimewaan Warisan Terjamin (AGOS), yang sekretariatnya dipegang oleh RVO.

Jika spesifikasi produk disetujui, LNV akan menerbitkan aplikasi tersebut dalam Lembaran Negara. Jika tidak ada keberatan yang diterima, file tersebut akan diteruskan ke Komisi Eropa dengan opini positif. Itu menerjemahkan file ke dalam 24 bahasa resmi Uni Eropa dan menerbitkan aplikasi.

Jika tidak ada keberatan setelah tiga bulan, produk ditambahkan ke Daftar Eropa. Produsen atau organisasi produsen kemudian harus bergabung dengan sistem kontrol registri.

alkohol
Tidak mengherankan, ada minat yang relatif tinggi terhadap potensi akreditasi di industri anggur. Anggur memiliki hubungan dengan daerah asalnya (‘terroir’), sehingga terdapat regulasi yang luas tentang penggunaan Protected Origin atau Protected Geographical Indication untuk mengklasifikasikan kualitas wine dan melindungi nama yang digunakan. Di Prancis, region/wine AOC (BOB) dan IGP (PGI) sudah dikenal sejak lama. Rekor semacam itu juga diklaim untuk anggur berkualitas Belanda yang diproduksi selama beberapa dekade. Dengan perubahan iklim, pentingnya pemeliharaan anggur di Belanda secara bertahap meningkat, dan seiring dengan itu jumlah pengakuan resmi meningkat.

READ  Risiko stroke Bells meningkat setelah vaksin Sinovac Kovit-19

Potensi PGI untuk anggur terkait dengan provinsi asal setidaknya 85% anggur. Dalam kondisi yang diperlukan, nama PGI dapat digunakan dengan nama dua belas provinsi Belanda jika anggur dalam kemasan memenuhi persyaratan dalam “berkas produk provinsi” (varietas, tempat panen, karakteristik anggur, dll.). Label “Indikasi Geografis yang Dilindungi” dapat disertai dengan logo PGI berwarna biru. Tahun panen dan varietas yang digunakan juga dapat dicantumkan pada label. Catatan ini dikelola oleh Asosiasi Produsen Anggur Belanda (VNWP), yang bekerja sama dengan erat dengan RVO.

Untuk Penetapan Asal yang Dilindungi (PDO), spesifikasi produk berisi definisi terperinci tentang area produksi anggur, dan persyaratan terperinci yang harus dipenuhi oleh anggur. Setiap wine PDO tunduk pada pemeriksaan independen (oleh “Kualitatspr├╝fung” Landwirtschaftschammer Jerman) untuk melihat apakah wine tersebut cocok. Labelnya mungkin bertuliskan “Protected Designation of Origin of PDO Area”, disertai dengan logo PDO berwarna merah. Untuk anggur tersebut, tahun panen dan varietas yang digunakan dapat ditentukan.

Saat ini ada enam kawasan lindung Belanda yang didaftarkan oleh UE: Mergelland, Vijlen, Maasvallei (bersama dengan Belgia), Oolde, Ambt Delden dan Achterhoek-Winterswijk. Selain itu, klasifikasi ini tertunda untuk empat wilayah: Schouwen-Duiveland, Rivierenland, Voerendaalse Bergen dan Twente, yang sekarang sedang dievaluasi lebih lanjut oleh UE setelah menyelesaikan prosedur Belanda.

Prosesnya bekerja melalui kolaborasi antara kebun anggur pemohon, RVO dan VNWP pendamping. Untuk informasi lebih lanjut lihat:

https://www.rvo.nl/onderwerpen/marktordening/wijn-olijffolie/wijn/europese-bescherming

Aplikasi PDO atau PGI untuk anggur dimulai dengan mengirimkan email [email protected]. Seperti disebutkan, seluruh proses dapat dengan mudah memakan waktu 2-3 tahun.

Claus Johan Osinga, [email protected]

Terima kasih kepada Simon Krohn, VNWP